RABU, 17 MEI 2017

PADANG --- Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Sumatera Barat (Sumbar) menyediakan tiga unit ruang pendingin (cool storage) untuk menyimpan stok cabe merah dalam menghadapi Ramadan dan lebaran 2017 ini. 

Kepala Bulog Divre Sumbar Benhur Ngkaimi 
Kepala Bulog Divre Sumbar, Benhur Ngkaimi mengatakan, tiga unit cool storage itu ada di Kota Padang, dan masing-masing dapat menyimpan 10 ton cabe merah dengan waktu penyimpanan maksimal 22 hari.

"Jadi cool storage ini akan menyimpan cabai merah lokal. Dengan adanya penyimpinan yang sangat bagus ini, dapat dipastikan harg tidak akan melebihi dari Rp30.000 per kilogramnya pada saat Ramadan dan lebaran nanti," tegasnya, Rabu (17/5/2017).

Ia menyebutkan, meski waktu penyimpanan hanya maksimal 22 hari, namun jika melihat dari habisnya stok cabai merah ke Sumbar yakni setiap dua pekan, maka yang tersimpan dalam cool storage itu tidak akan sampai hingga waktu maksimal penyimpanannya.

Benhur mengatakan, 30 ton cabe merah yang ada di dalam tiga unit tempat cool storage itu tidak hanya untuk Kota Padang, tetapi juga untuk seluruh daerah di Sumbar. Ia mengakui, Gubernur Sumbar dan Walikota Padang sangat mengkhawatirkan terjadinya kenaikan harga selama Ramadhan dan lebaran mendatang.

Bahkan Benhur menyebutkan, cool storage yang yang difasilitasi Pemko Padang saat ini, tidak hanya bisa untuk menyimpan stok cabai merah, akan tetap juga bisa difungsikan untuk menyimpan daging beku. Untuk daging beku ini, ia mengakui hanya Kota Padang mengajukan permintaan, sementara kabupaten kota lainnya belum.

 Kepala Dinas Pangan Kota Padang Heryanto Rustam memperlihatkan cabai yang tersimpan dalam cool storage
Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Kota Padang, Heryanto Rustam mengatakan, cabai merah merupakan salah satu dari sembilan pangan kebutuhan pokok yang sering terjadi kenaikan harga saat Ramadan dan lebaran. Dengan adanya cool storage tersebut, ia memastikan kenaikan tidak akan terjadi pada Ramadan dan lebaran tahun 1438 Hijriyah ini.

"Jika melihat pada tahun-tahun sebelumnya di saat Ramadan dan lebaran, harga cabai merah bisa mencapai Rp60.000 hingga Rp75.000 per kilogramnya. Namun, dengan adanya cool storage ini diperkirakan harga cabe yang tertinggi itu hanya Rp30.000," ucapnya.
Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto: Muhammad Noli Hendra
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours