SELASA, 16 MEI 2017

LAMPUNG --- Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan menyebutkan, salah satu faktor penentu untuk kemenangan dalam pemilihan desa teladan di antaranya potensi yang bersumber dari masyarakat mampu menggerakkan sektor usaha kreatif yang ikut menyokong sektor perekonomian dalam peningkatan kesejahteraan.

Melihat hasil ekonomi kreatif dari pengolahan hasil pertanian bernilai jual tinggi
“Apreasi tentunya saya berikan karena dengan lomba desa bisa menggali potensi yg ada untuk dapat dikembangkan sebagai modal dalam pencapaian membangun daerah dimulai dari pedesaan dari semua sektor mulai pertanian, usaha kreatif serta perikanan dan usaha lain,” terang Bupati Lampung Selatan Zaimudin Hasan dalam penilaian lomba desa tingkat Provinsi Lampung tahun 2017 di lapangan Desa Sidoasih Kecamatan Ketapang, Selasa (16/5/2017)

Zainudin Hasan mengungkapkan sebagai salah satu desa yang ada di Jalan Lintas Timur Sumatera Desa Sidoasih cukup potensial, dimana segala usaha kreatif penyokong perekonomian dapat dipasarkan di pasar tradisional dan sepanjang Jalan Lintas Sumatera.

"Potensi hasil pertanian,perkebunan dan sekaligus hasil perikanan di sektor tambak dan kolam bahkan mampu menjadikan Kecamatan Ketapang yang merupakan kecamatan pemekaran dari Kecamatan Penengahan bisa dikenal sebagai kawasan minapolitan,"sebutnya.

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan
Ia bahkan melihat potensi desa tersebut dengan adanya budidaya ikan dan selanjutnya diolah menjadi makanan, hasil perkebunan berupa pisang menjadi keripik serta hasil pertanian sayuran yang merupakan pengembangan dan pemanfaatan pekarangan yang ada di sekitar perumahan warga.

"Selain menjadi sumber konsumsi keluarga keluarga hasil tangan tangan terampil tersebut bahkan bisa dijual dan menjadi tambahan uang untuk setiap keluarga atau mengolah hasil pertanian, perkebunan dan perikanan serta peternakan menjadi produk bernilai jual tinggi,"sebutnya.

Dengan adanya Lomba desa tersebut diakui Zainudin Hasan sekaligus bisa menjadi evaluasi untuk pembangunan di desa desa yang ada di Lampung Selatan dengan Desa Sidoasih sebagai contoh dan dirinya optimis Desa Sidoasih Kecamatan Ketapang akan keluar sebagai juara di Lomba desa tingkat provinsi.

Adanya lomba desa sekaligus pekerjaan seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar dapat mendukung kegiatan lomba desa ini agar mendapatkan penilaian yang terbaik dan meminta kepala SKPD agar dapat mendukung lomba desa tersebut agar mendapatkan penilaian terbaik.

Dalam acara penilaian lomba desa yang berlangsung hingga sore tersebut juga turut hadir pula ketua penilai lomba desa tingkat provinsi sekaligus Kepala BAPPEDA Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, Forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten  Lampung Selatan pihak Kecamatan Ketapang dan Uspika Kecamatan Ketapang, Kepala Desa dan Ketua TP. PKK Drsa Sidoasih.
Jurnalis : Henk Widi / Redaktur : ME. Bijo Dirajo / Foto : Henk Widi
Bagikan:

ME. Bijo Dirajo

Berikan Komentar:

0 comments so far,add yours