Di Banjar, Siswa Baru SMA Antusias Ikuti MPLS

103
Kepala SMK Negeri 1 Banjar, Dra. Hj. Nunung Erni, M.Pd., -Foto: Baehaki

BANJAR – Di hari pertama masuk sekolah, siswa-siswi baru di beberapa sekolah SMA maupun SMK di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, terlihat bersemangat mengikuti program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPSL), yang akan diselenggarakan selama tiga hari ke depan hingga 19 Juli 2017.

Kepala SMK Negeri 1 Banjar, Dra. Hj. Nunung Erni, M.Pd, mengatakan, dalam MPLS itu, nantinya siswa oleh panitia MPLS diajak untuk mengenal lingkungan sekolah, mulai dari pengenalan lingkungan sekolah, kurikulum 2013, budaya literasi, pilar kebangsaan, dan lain-lain.

“Kita sudah tidak ada MOS, karena memang dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, melarang. Ini ada MPLS tujuannya agar siswa baru mengenal lingkungan sekolahnya sebelum nanti proses KBM, kakak kelas (Osis) hanya mendampingi dalam kegiatan MPLS,” jelas Nunung, Senin (17/7/2017).

Menurut Nunung, hari pertama masuk sekolah, seluruh guru di sekolahnya datang tepat waktu. Dalam kegiatan MPLS seluruh pendampingan sepenuhnya diserahkan kepada guru. “Kita awasi terus kegiatan MPLS, jangan sampai ada perpeloncoan kepada siswa baru,” katanya.

Pemandangan serupa juga terlihat di SMA Negeri 3 Banjar. Wakasek Kesiswaan yang juga sebagai Ketua MPLS, Iip Syarif Hidayat, M.Pd., mengatakan para siswa baru yang ada di SMA Negeri 3 Banjar, terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS.

Iip menyebut, banyak dari siswa yang bertanya mengenai denah lingkungan sekolah, tahun pendirian sekolah, nama-nama tenaga pendidik, dan masalah lainnya.“Sebelum diarahkan untuk melihat ruangan-ruangan, banyak dari siswa yang menanyakan dan mengajak keliling ruangan sebelum diarahkan. Supaya anak lebih cepat paham, tadi para siswa kita minta untuk buat denah sekolah, dan berkenalan dengan para pendidik yang ada di sekolah ini,” kata Iip.

Siswa baru di SMKN 1 Banjar berjumlah 540 orang, sedangkan di SMAN 3 Banjar berjumlah 331 orang, semuanya terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan MPLS yang diadakan dimasing-masing sekolah.

Komentar