Jelang Lebaran Betawi, Pemprov Tata Kawasan Setu Babakan

104
Ilustrasi

JAKARTA — Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperbaiki sekaligus menata Kawasan Perkampungan Budaya Betawi di Jagakarsa, Jakarta Selatan menjelang digelarnya acara Lebaran Betawi pada 28 hingga 30 Juli 2017.

“Karena ada beberapa bagian bangunan yang rusak dan terlihat usang, maka harus diperbaiki dan dipercantik,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah di Jakarta, Rabu (12/7/2017).

Selama ini, menurut Saefullah, perawatan terhadap kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan itu masih kurang, sehingga terlihat kurang rapi dan kurang terawat.

“Perawatannya memang masih kurang, maka sekarang kami dorong semua supaya kawasan itu diperbaiki dan dirapikan. Apalagi ini sudah dekat acara Lebaran Betawi,” ujar Saefullah.

Berdasarkan hasil tinjauan yang dilakukannya pada Senin (10/7), ada beberapa bagian dari bangunan utama yang mengalami kerusakan dan di sejumlah titik memerlukan perbaikan segera.

“Kondisinya cukup memprihatinkan. Butuh banyak perbaikan. Tiang-tiang perlu dicat ulang, bahkan ada yang atapnya lepas. Sepertinya kalau tidak ada acara ini, tidak diperbaiki,” tutur Saefullah.

Oleh karena itu, dia memberikan instruksi kepada sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk menata kawasan Setu Babakan itu, mulai dari perbaikan jalan, penyediaan tanaman serta perawatan danau.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Kawasan (UPK) Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan Rofiqoh Mustafa mengungkapkan ada anggaran sebesar Rp300 juta untuk perbaikan kawasan tersebut.

“Selain itu, ada juga bantuan CSR dari PT Propan untuk pengecatan bangunan. Kami targetkan perbaikan kawasan itu sudah selesai saat digelarnya acara Lebaran Betawi nanti,” ungkap Rofiqoh. [Ant]

Komentar