Mukomuko Segera Bangun Embung untuk Pengairan Sawah

136
Ilustrasi. Foto: Dokumentasi CDN

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu segera bangun dua embung untuk menampung air yang dibutuhkan untuk pengairan seluas puluhan hektare sawah di daerah itu.

“Kita targetkan pelaksanaan pembangunannya bulan Agustus tahun ini,” kata Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Dinas Pertanian Mukomuko Ali Mukhibin, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan saat ini instansi itu sudah menyelesaikan perencanaan fisik kegiatan pembangunan dua embung.

Lokasi embung di Desa Nenggalo, Kecamatan Teramang Jaya dan Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik.

Ia menjelaskan tujuan pembangunan embung di Desa Nenggalo untuk pengairan seluas 30 hektare sawah. Selama ini, pasokan air dari mata air yang mengalir di siring kecil di wilayah itu itu masih kurang.

Begitu juga, lanjutnya, dengan kondisi sawah seluas 25 hektare milik petani di Desa Maju Makmur, Kecamatan Penarik yang kekurangan pasokan air dari sungai kecil yang mengalir melalui siring di wilayah tersebut.

Ia menyebutkan anggaran untuk pembangunan dua embung itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun ini masing-masing sebesar Rp150 juta.

Sedangkan, pelaksana kegiatan pembangunan dua embung itu pihak ketiga atau kontraktor pengadaan barang dan jasa pemerintah. (Ant)

Komentar