Nilai Ekspor Indonesia Turun Sebesar 18,82 Persen

and
33
Nilai Ekspor Indonesia sepanjang Juni 2017 - [Foto : Eko Sulestyono]

JAKARTA — Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, perkembangan Nilai Ekspor Indonesia sepanjang Juni 2017 tercatat sebesar 11,64 miliar Dolar Amerika (USD) atau mengalami penurunan sebesar 18,82 persen apabila dibandingkan dengan Mei 2017.

“Cenderung menurun jika dibandingkan dengan Nilai Ekspor Indonesia pada bulan sebelumnya yaitu Juni 2017,” sebut Kepala BPS, Suhariyanto saat menggelar acara jumpa pers di Kantor BPS Pusat Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Suhariyanto (kiri), Kepala BPS Pusat – [Foto : Eko Sulestyono]
Dijelaskan, penurunan nilai ekspor Indonesia tersebut dipengaruhi oleh libur Lebaran selama 1 pekan selama lebaran karena tidak ada aktivitas ekspor selama 1 minggu.

“Otomatis langsung mempengaruhi persentase Nilai Ekspor Indomesia sepanjang bulan Juni 2017,” sebutnya.

Beberapa golongan barang ekspor Indonesia sepanjang bulan Juni 2017 yang terbesar kebanyakan didominasi oleh golongan mesin-mesin pesawat mekanik, besi dan baja, kendaraan bermotor dan sparepartnya, mesin-mesin peralatan listrik dan juga barang-barang rajutan.

Selain Itu juga ada beberapa barang-barang ekspor Indonesia yang tercatat mengalami penurunan sepanjang bulan Juni 2017. Di antaranya karet beserta turunannya, biji kerak abu logam, kapal laut, perhiasan atau permata dan juga beberapa golongan bahan bakar lainnya.

Komentar