Panen Jambu, Ekonomi Warga Desa Jogotirto Terbantu

and
82
Bashori dan jambu yang dibrongsong plastik. Foto: Jatmika

SLEMAN – Warga Desa Jogotirto, Brebah, Sleman, mulai memanen buah jambu yang banyak tumbuh di halaman mereka, pada awal musim kemarau ini. Jambu Dalhari merupakan produk unggulan khas Sleman, bisa dijual hasil kebun tersebut baik secara langsung maupun di pinggir-pinggir jalan. Ada juga yang disetor ke pasar.

Salah seorang warga, Bashori, yang tinggal di Dusun Rejosari RT 01, Jogotirto, Berbah, Sleman, menyebut, hasil panen buah jambu miliknya pada tahun ini jauh lebih bagus dibanding tahun lalu. Hal itu disebabkan karena kondisi musim yang sangat mendukung.

“Tahun ini lebih bagus, tidak seperti tahun lalu, lebih banyak hujan sehingga buah banyak yang rusak,” katanya, Minggu (16/7/2017).

Memiliki 2 pohon yang telah berbuah, Bashori mengaku bisa mendapat hasil Rp2,5 juta dari  setiap pohon buah jambu pada tahun lalu. Sementara pada tahun ini, dengan kondisi cuaca yang jauh mendukung, hasil panen buah jambu diperkirakan bisa mencapai Rp2,5-3 juta setiap pohon.

“Tahun ini, harga jual buah jambu Dalhari meningkat dari Rp13 ribu per kilo pada tahun lalu, menjadi sekitar Rp15-Rp20 ribu per kilo. Itu kalau dijual sendiri. Kalau disetor ke pasar dihargai Rp15 ribu per kilo, itu untuk jambu kualitas pilihan,” katanya.

Peningkatan hasil panen itu dikatakan tidak terlepas dari upaya perawatan berupa pemupukan maupun penyemprotan hama setahun terakhir. Termasuk dengan melakukan pembrongsongan pada buah. Hal ini bertujuan untuk menjaga buah jambu dari serangan hama tanaman yang dapat merusak.

“Kendala paling sering adalah ulat serangga yang dapat membuat buah jadi busuk. Cara mengatasinya hanya dengan penyemprotan pestisida atau dengan dibrongsong,” katanya.

Dari hasil panen buah jambu tersebut, Bashori mengaku mendapat penghasilan tambahan. Baik untuk ditabung atau untuk kebutuhan lain seperti membiayai sekolah kedua anaknya yang masih TK dan SMP.

“Lumayan, bisa untuk membeli seragam sekolah anak-anak. Apalagi sekarang sedang musim kenaikan kelas,” ujarnya.

Kawasan Desa Jogotirto, Berbah, Sleman sendiri selama ini dikenal sebagai kawasan desa sentra penghasil jambu air Dalhari yang terkenal manis rasanya. Hampir semua warga desa, menanam pohon jambu di halaman atau pekarangan dan kebun mereka. Saat musim panen seperti sekarang ini, mereka akan menjual jambu hasil kebun yang membanggakan itu.

Bashori dan jambu yang dipanen. Foto: Jatmika

Komentar