Pangan Faktor Dominan Penyebab Kemiskinan di NTB

145
Kepala bPS NTB Endang Tri Wahyuningsih/Foto: Turmuzi.

MATARAM — Masalah kebutuhan pangan masih menjadi salah satu faktor dominan yang mempengaruhi masalah kemiskinan di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) selama  Juni 2017 dibandingkan September 2016.

“Kalau kita lihat faktor kemiskinan di NTB Juni 2017, sebagian besar didominasi masalah pangan, yaitu mencapai 70 persen di kota dan 75 persen di pedesaan,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, Endang Tri Wahyuningsih, Senin (17/7/2017).

Ia mengatakan jenis pangan yang paling dominan mempengaruhi kemiskinan tersebut antara lain, beras, rokok kretek filter, cabai rawit, telur ayam ras, bawang merah dan instan.

Selain masalah pangan, faktor lain yang mempengaruhi kemiskinan antara lain, perumahan 10 persen, pendidikan, kenaikan bensin dan listrik.

“Untuk angka kemiskinan NTB sampai Juni 2017, meski ada penurunan, tapi sangat sedikit dan tetap berada di angka 16,07 persen,” terang Endang.

Dikatakan, menurunkan kemiskinan memang tidak mudah dilakukan secara instan, butuh proses panjang, disamping itu, karakteristik setiap daerah di Indonesia juga berbeda-beda, hal tersebut juga mempengaruhi dalam upaya pengentasan masalah kemiskinan.

 

Komentar