Pasar Raya Ditargetkan Jadi Tempat Belanja Para Wisatawan

107
Aktifitas pedagang ikan di Pasar Inpres Padang - Foto: M. Noli Hendra

PADANG — Pemerintah Kota Padang benar-benar terlihat komitmen untuk mewujudkan pasar yang tertata, bersih, dan rapi. Komitmen itu ditunjukan dengan telah dibangunkannya Pasar Inpres serta secara pelahan-lahan merelokasikan para pedagang kaki lima.

Walikota Padang, Mahyeldi mengatakan, saat ini sejumlah pedagang telah ada yang direlokasi ke Pasar Inpres, seperti pedagang ikan, daging, ayam, dan pedagang sayur. Hingga saat ini, semenjak telah direlokasikannya sejumlah pedagang itu, Pasar Raya Padang mulai terlihat tertata.

“Jadi untuk lebih indahnya pasar ini akan di lakukan pengaspalan jalan di sekitar Pasar Raya. Pengaspalan dianggap perlu, agar disaat hujan turut tidak terlihat becek,” katanya, Selasa (18/7/2017).

Wali Kota Padang, Mahyeldi – Foto: M. Noli Hendra

Mahyeldi berharap agar pedagang untuk selalu menjaga kebersihan, baik sedang berdagang, maupun sesudah berdagang. Hal tersebut sangat penting dilakukan, agar Pasar Raya Padang terama nyaman dan indah saat didatangi oleh pembeli.

“Apabila pasarnya kotor dan becek, mana mau pembeli datang berbelanja. Untuk itu perlu menciptakan suasana yang nyaman dan bersih,” ucapnya.

Tidak hanya itu Mahyeldi juga menyatakan akan menjadikan Pasar Raya sebagai pasar destinasi yaitu sebagai pasar percontohan. Nantinya dalam harapan Wali kota Padang itu, Pasar Raya bisa menjadi tempat belanja bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Endrizal pada tanggal 26 Juli 2017 mendatang akan di-launching-nya, seluruh pedagang kaki lima, yang ada di Jalan Sandang Pangan, Pasar Baru, segera menepati tempat baru sesuai peruntukannya.

“Pas hari itu, kita tidak akan melakukan penggusuran terhadap PKL di Pasar Raya, tapi yang terjadi penataan pasar tempat berdagang ke arah yang lebih baik,” tambahnya.

Salah seorang pedagang di Pasar Raya Padang, Dewi mengatakan, sangat mendukung rencana pemerintah untuk menata pasar ke arah yang lebih baik. Apalagi sudah cukup lama, Pasar Raya Padang tersebut tidak mendapatkan sentuhan perhatian pemerintah.

“Tidak sabaran untuk melihat wajah Pasar Raya yang baru, karena sudah bertahun-tahun seakan dilupakan saja. Apalagi pak Wali kota mengatakan bakal menjadikan Pasar Raya menjadi tempat belanja para wisatawan,” ungkapnya.

Komentar