Pasca Banjir, Diare dan ISPA Perlu Diwaspadai

and
63
Suasana pembersihan jalan/Foto: Ferry Cahyanti.

BALIKPAPAN — Pasca banjir pada Minggu (15/7) pukul 20.00 wita di kota Balikpapan, Dinas Kesehatan imbau kepada warga untuk mewaspadai beberapa penyakit yang muncul. Diantaranya penyakit Infeksi Saluran Parnafasan Akut (ISPA), dan diare.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Balerina, penyakit yang diwaspadai pasca banjir itu yakni ISPA dan diare karena setelah banjir banyak debu. Namun, setelah banjir tadi malam hingga kini belum ada laporan sehingga masyarakat harus mewaspadainya.

“Diare dan ISPA itu yang sering muncul, lainnya itu kencingnya tikus sehingga setelah banjir kebersihan di sekitar harus tetap dijaga,” tandasnya.

Sementara itu, pasca banjir sejak pagi tadi (16/7) Dinas Lingkungan Hidup melakukan pengerukan dan membersihkan jalan akibat banjir. Empat mobil dan 18 orang dikerahkan untuk membersihkan jalan-jalan yang terdapat sedimentasi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan Suryanto mengatakan kegiatan membersihkan jalan terhadap pasir yang muncul rutin dilaksanakan. Namun, pada kondisi banjir pekerjaan membersihkan tim langsung dikerahkan untuk membersihkan jalan-jalan yang dipenuhi sampah dan pasir .

“Kita ada empat mobil dan tim yang dikerahkan pagi tadi. Bekerjasama juga dengan BPBD Balikpapan,” tambahnya.

Untuk diketahui sejak pagi tadi hingga siang tim Dinas Lingkungan Hidup langsung membersihkan titik-titik yang dipenuhi pasir dan sampah. Di antaranya di jalan Jendral Sudirman, Jalan Ahmad Yani dan MT Haryono.

Adapun lokasi banjir terparah terjadi di Jalan Beller dan Jalan Swadaya Balikpapan Selatan, pagi tadi banjir sudah surut, sehingga sebagian masyarakat mulai beraktivitas dan bersih-bersih di lingkungan rumahnya.

Komentar