Pebalap Iran Unggul di Etape Ketiga Tour de Flores

and
912
Para pebalap saat melintasi kawasan perbukitan di Nangapanda Kabupetan Ende dalam etape ketiga Tour de Flores 2017. Foto: Ebed de Rosary

MBAY – Pebalap Iran bernomor punggung 121, Arvin Moazamigodarzi (Iran) jadi yang pertama melewati garis finis pada etape ketiga Tour de Flores 2017 Ende-Mbay yang berjarak 83,3 kilometer dengan waktu tempuh  2 jam 5 menit 57 detik.

Sementara pebalap asal Inggris, Daniel Whitehouse dari CCN Cycling Team (Laos), berada di posisi kedua dengan selisih 53 detik dari sang juara disusul pebalap Spanyol Edgar Nieto Nohales dari 7 Eleven Cycling Team (Filipina) di tempat ketiga dengan selisih waktu 1 menit.

Kepada media usai penyerahan hadiah juara, Arvin bersyukur bisa menjadi juara di etape ini mengingat etape ini jaraknya lebih pendek dibandingkan dengan dua etape sebelumnya.

Dirinya bersyukur bisa meraih juara dan berjanji akan mempersiapkan diri guna meraih hasil maksimal di tiga etape tersisa apalagi etape keempat nanti merupakan etape terpanjang.

“Mudah-mudahan saya bisa meraih hasil maksimal di tiga etape berikutnya sebab tim kami baru pertama turun di even ini sekaligus sebagai ajang perkenalan medan,” ungkapnya.

Start etape ketiga dilaksanakan pukul 09.30 WITA di kantor Bupati Ende, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (16/7/2017) yang diikuti oleh 71 pebalap yang mengikuti lomba dengan menempuh rute seremonial sepanjang 9,2 kilometer.

Sepanjang rute terdapat satu titik sprint dan dua titik king of mountain (KOM). Sprint pertama berada di kilometer 28 di Nangapanda sedangkan KOM pertama di KM 51,5 di Bidoa Butuwe dengan ketinggian 618 mdpl kategori dua serta KOM kedua KM 70,2 di Kapela Lape berketinggian 521 mdpl dengan kategori empat.

Sprint pertama diraih Arvin, disusul Keisuke Aso (Jepang) dari Kinan Cycling Team (Jepang) serta Daniel Whitehouse dimana Arvin juga menjadi yang terbaik pada KOM pertama. Diikuti Edgar Nieto, Daniel Whitehouse, Keisuke Aso, pebalap Kenya Joseph Gichora Kamau dari Futuro Pro Cycling (Australia) dan Selamat Juangga (Indonesia) dari KFC Cycling Team (Indonesia) serta KOM kedua dikuasai Arvin, Nieto dan Whitehouse.

Klasemen umum TdF 2017 masih dipegang pebalap Selandia Baru Nick Miller dari Futuro Pro Cycling Team (Australia) dengan total waktu 9 jam 40 menit 48 detik. Dengan begitu, Miller tetap berhak mengenakan PLN Yellow Jersey.

Untuk klasemen pebalap Indonesia terbaik (Mandiri White Jersey) dan pebalap ASEAN (BTN, PP Properti, Bank NTT Blue Jersey) terbaik juga tak beranjak dari Imam Arifin dengan klasemen pebalap tercepat (BNI Green Jersey) dan raja tanjakan (BRI Polkadot Jersey). Green Jersey masih dikenakan Hyeongmin Choe (Korea Selatan) dari Geumsan Insan Cello dan BRI Polkadot Jersey disandang Keisuke Aso.

Arvin Moazamigodarzi pebalap asal Iran yang menjadi juara etape ketiga Tour de Flores 2017. Foto: Ebed de Rosary

 

Komentar