Pemadam Kebakaran Kota Batu Latihan Operasional Mobil Tangga

and
35
Mobil tangga Aerial Ladder dari Turki. -Foto: Agus

BATU — Sebanyak 30 personel pemadam kebakaran Kota Batu, Malang,  mulai hari ini hingga Rabu (19/7/2017) mendatang, akan mengikuti pelatihan operator mobil tangga. Pelatihan tersebut terkait dengan pengadaan mobil tangga dari Turki yang baru dimiliki oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu.

Santoso Wardoyo. -Foto: Agus

Kepala Bidang Operasional Kebakaran Dinas Penanggulangan Kebakaran Kota Batu, Santoso Wardoyo, menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan salah satu rangkaian dari proses pengadaan mobil tangga. Menurutnya, setelah proses pengadaan mobil selesai dilakukan, sudah menjadi suatu kewajiban dari penyedia mobil tangga untuk memberikan pelatihan. Dalam hal ini adalah perusahaan penyedia mobil tangga yang berasal dari negara Turki.

“Jadi, selama tiga hari ini para personel pemadam kebakaran Kota Batu akan mendapatkan pelatihan pengoperasian mobil tangga secara langsung oleh orang Turki, yakni Mr. Haytham Zeinelabdin dan Mr.Muharrem Ozsoy,” jelasnya kepada Cendana News, Senin (17/7/2017).

Santoso mengatakan, pelatihan tersebut sangat diperlukan, mengingat mobil tangga yang baru dibeli tersebut merupakan kendaraan yang sangat kompleks, baik secara fungsi maupun sistem yang ada di dalam kendaraan tersebut. Karenanya, pelatihan diberikan kepada seluruh anggota kebakaran di Kota Batu, dengan harapan nantinya bisa mengoperasikan secara baik dan benar, sehingga bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat.

“Jenis mobil ini adalah mobil tangga Aerial Ladder dan satu-stunya di Malang Raya,” terangnya.

Mobil tangga tersebut merupakan pengadaan tahun 2017 dengan anggaran sekitar Rp9,4 miliar. Mobil tangga tersebut bila dilihat dari segi harga, juga lebih murah harganya, tapi dengan kualitas yang sangat bagus dibandingkan dengan mobil tangga yang sudah ada. Pengadaan mobil ini dilakukan secara lelang terbuka dan kebetulan pemenangnya adalah perusahaan dari Turki.

Menurut Santoso, pengadaan mobil tangga memang merupakan suatu kebutuhan yang sudah sangat mendesak untuk Kota Batu, yang perkembangannya sangat cepat. Urgensinya karena mengingat di Kota Batu sendiri sudah banyak berdiri gedung bertingkat yang cukup tinggi, sehingga dibutuhkan mobil tangga.

“Spesifikasi untuk mobil ini ketinggian tangganya mencapai 24 meter,” ujarnya.

Dengan menggunakan analisis, bahwa ketinggian 24 meter sudah sangat memenuhi untuk penanganan gedung di Kota Batu, yang mana gedung di Kota Batu memang dibatasi untuk ketinggian maksimal adalah tujuh tingkat. Sehingga, untuk penanganan gedung tujuh tingkat, kendaraan ini sudah sangat mumpuni.

“Selain itu kita, juga menyesuaikan dengan kondisi jalan di Kota Batu, manakala jika menggunakan mobil tangga yang terlalu tinggi justru tidak efektif, karena pergerakannya sangat-sangat terbatas,” ungkapnya.

Santoso berharap, nantinya dengan adanya mobil tangga tersebut, untuk pelayanan kepada masyarakat terutama di bidang penanggulangan dan pencegahan kebakaran di Kota Batu bisa lebih maksimal dan lebih memberikan rasa aman bagi masyarakat.

“Kami berharap juga agar daerah-daerah lain bisa ikut meniru Kota Batu, yang mana Kota Batu dinilai sudah baik untuk pelayanan penanggulangan kebakaran,” pungkasnya.

Komentar