Setnov Tersangka Baru Kasus E-KTP

and
90
Ketua KPK Agus Rahardjo (tengah) saat jumpa pers di Gedung KPK Jakarta. –Foto: Eko

JAKARTA — Ketua KPK, Agus Rahardjo, mengatakan, Penyidik KPK, malam ini, Senin (17/7/2017), secara resmi menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus perkara pengadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Nasional berbasis elektronik.

Agus mengatakan, hari ini KPK secara resmi telah menetapkan saudara SN (Setya Novanto), mantan Anggota DPR RI periode 2009-2014 sebagai tersangka dalam kasus perkara proyek e-KTP. SN merupakan tersangka baru yang ditetapkan berdasarkan bukti-bukti permulaan yang cukup, di mana yang bersangkutan sebelumnya telah beberapa kali dipanggil dan diperiksa sebagai saksi dalam kasus perkara yang sama.

Dengan adanya penetapan tersangka tersebut, maka tersangka SN (Setya Novanto) mulai malam ini resmi dimasukkan ke dalam daftar cekal, sehingga yang bersangkutan tidak diperbolehkan meninggalkan wilayah Republik Indonesia dengan alasan apapun.

Agus juga menjelaskan, pihak KPK dipastikan  langsung mengirimkan surat cekal terhadap yang bersangkutan kepada Direktur Jenderal Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Meski secara resmi telah ditetapkan sebagai tersangka, namun hingga saat ini Agus masih belum menjelaskan kapan Sertya Novanto akan ditahan. Namun, Agus memastikan penganan terhadap Setya Novanto tinggal menunggu waktu saja alias tidak lama lagi yang bersangkutan akan menjalani penahanan pertama selama 20 hari ke depan.

Komentar