Zonasi PPDB, Jadi Perhatian Pemerintah Kota Balikpapan

and
69
Wali kota Balikpapan Rizal Effendi menanggapi adanya laporan persoalan zonasi sekolah pada PPDB online tingkat SMP/Foto: dokumentasi CDN.

BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan akan menyikapi persoalan-persoalan yang muncul pada pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online di tingkat SMP pada tahun ajaran 2017/2018. Persoalan yang muncul misalnya aksi protes orangtua murid di SMP 22 Sumber Rejo di mana banyak siswa di daerah itu tidak tertampung melalui program bina lingkungan.

Menyikapi persoalan tersebut Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengungkapkan masih menunggu laporan lengkap pelaksanaan PPDB online dari Dinas Pendidikan. Utamanya kisruh yang terjadi di SMP 22 dan SMPN 3.

“Saya lagi tunggu laporan dari Disdik, tunggu semuanya dulu yang lengkap persoalan apa. Selanjutnya kita cari kendalanya apa,” katanya Senin, (16/7/2017).

Menurutnya, persoalan zonasi yang muncul tidak hanya terjadi di Balikpapan karena kota lain juga terjadi. Mengingat aturan ini yang pertama jadi masih ada masyarakat yang belum bisa menerima peraturan tersebut.

“Bukan hanya Balikpapan saja yang temui kendala ini, Jakarta juga sama menemui persoalan juga pada PPDB. Persoalan zonasi yang belum bisa diterima sepenuhnya,” tandasnya.

Rizal mengaku keinginan masyarakat untuk bersekolah di sekolah negeri sangat banyak karena biaya pendidikan yang gratis. Sementara swasta masih dikenakan biaya pendidikan.

“Sekolah negeri kitakan terbatas. Tahun ini juga swasta sudah tidak disubsidi pemerintah kota, karena anggaran lagi defisit. Kedua, kewenangan untuk SMA/SMK kewenangan provinsi. Perubahan-perubahan itu yang harua disesuaikan,” ulasnya.

Sebelumnya, selama PPDB berlangsung terjadi aksi protes orangtua murid SMPN 22 akibat banyak siswa bina lingkungan yang tidak tertampung. Hal yang sama juga terjadi di SMPN 3 sebagian siswa juga tidak tertampung dalam program bina lingkungan.

Wali kota Balikpapan Rizal Effendi menanggapi adanya laporan persoalan zonasi sekolah pada PPDB online tingkat SMP

Komentar