Kerja Sama IMT- GT Diharap Majukan Perguruan Tinggi

36
Universitas Negeri Medan (foto: Unimed)

MEDAN — Dosen Universitas Negeri Medan diharapkan bisa bekerja sama dengan perguruan tinggi di Malaysia dan Thailand, dalam membuat tulisan jurnal yang selama ini sangat diperlukan bagi tenaga pengajar.

Hal itu dikatakan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syawal Gultom, MPd di Medan, Sabtu (12/8/2017), ketika ditanyakan mengenai manfaat kegiatan kerjasama Indonesia, Malaysia and Thailand Growt Triangle atau IMT- GT Carnival ke-19 yang dilaksanakan di Kampus Unimed.

Kegiatan IMT-GT Carnival tersebut, menurut dia, cukup banyak manfaatnya bagi dosen dan mahasiswa Unimed, serta dapat digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kemajuan dan perkembangan perguruan tinggi.

“Jadi, kegiatan IMT-GT Carnival bukan hanya melaksanakan kegiatan seni dan budaya, serta olahraga, melainkan juga bisa melakukan pertukaran dosen dan mahasiswa bagi ketiga negara tersebut,” ujar Syawal.

Ia menyebutkan, dosen dan mahasiswa Unimed juga dapat melaksanakan penelitian ilmiah, riset secara bersama-sama dengan perguruan tinggi Malaysia dan Thailand untuk kepentingan pendidikan.

Program seperti itu, perlu menjadi perhatian serius bagi dosen dan mahasiswa Unimed, karena tujuannya untuk menambah wawasan, serta ilmu pengetahuan yang cukup luas.

“Saya sangat mendukung dosen Unimed untuk mendapatkan bahan-bahan tulisan jurnal dengan cara mengunjungi universitas yang ada di Malaysia dan Thailand,” ucapnya.

Syawal mengatakan, dalam penulisan jurnal tersebut, juga diperlukan beberapa narasumber dari luar negeri, sehingga dapat dihasilkan karya tulisan yang berkualitas untuk kepentingan kemajuan Unimed.

Untuk meraih perguruan tinggi terbaik di Asia mau pun dunia, universitas tersebut harus banyak menghasilkan tulisan-tulisan jurnal dan itu merupakan salah satu persyaratan penting yang sangat diperlukan.

“Unimed mulai mengarah ke hal tersebut, dan seluruh dosen saat ini banyak membuat tulisan jurnal. Dan diharapkan Unimed ke depan dapat menjadi perguruan tinggi terbaik di Asia mau pun dunia,” katanya.

Sebelumnya, kegiatan IMT-GT Varsity Carnival ke-19 dilaksanakan pada 6-10 Agustus 2017 di Kota Medan, dan dibagi dalam tiga kategori yaitu seminar dilaksanakan di Kampus ITM, kegiatan olahraga dilaksanakan di Kampus USU, dan kesenian dilaksanakan di Unimed.

IMT-GT tahun ini diikuti oleh tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand dengan 11 perguruan tinggi yaitu ITM, USU, Unimed (ketiganya Indonesia), USM, Unimap, Uitm, UUM (Malaysia), Thaksin University, Prince Ong Shongkla University, Raja Manggala University, dan Walailak University (Thailand).[Ant]

Komentar