Douglas Laskowske, Bule yang Fasih dan Membuat Kamus Bahasa Bugis

350

MAKASSAR — Douglas Laskowske, bule asal Amerika ini sempat menarik perhatian masyarakat netizen setelah videonya berbahasa bugis di-upload ke media sosial facebook. Dalam hitungan jam, video tersebut sudah mendapatkan ribuan “like” dan dibagikan,

Abdi Mahesa, mahasiswa Jurusan Sastra Bugis Fakultas Ilmu Budaya Unhas (Universitas Hasanuddin) yang mengunggah video tersebut menyebutkan, tujuannya membagi video tersebut kepada penggunan jejaring sosial yakni untuk menginspirasi masyarakat untuk mempertahankan bahasa nenek moyang.

“Saya mengunggah vidio Douglas tidak bermaksud apa-apa. Di saat sudah mulai ditinggalkan, Douglas justru mengajak kita semua untuk tetap melestarikan bahasa bugis dalam vidionya yang viral dan saya bangga untuk itu, karena Douglas salah satu pemerhati budaya bugis,” ungkap Abdi Mahesa, Rabu (20/9/2017).

Bahkan pria yang yang tingginya mencapai 1,98 meter ini memiliki nama bugis yang bernama Andi Mangkuraga. Kecintaanya pada bahasa bugis dimulai saat Douglas mendapati datanya masih kurang yang meneliti dari segi linguistik. Setelah menamatkan kuliah S1-nya di Taylor University, Indiana.

Lantas Douglas kembali ke Makassar dan kursus selama dua tahun untuk mempermantap bahasa Indonesianya. Anak dari pasangan Thomas dan Kathy Laskowske ini dulunya lahir di Makassar. Ayahnya sendiri juga merupakan seorang dosen sastra di Unhas.

Douglas menceritakan dirinya merupakan kelahiran makassar 18 januari 1989 walaupun dirinya dibesarkan di Filipina dan banyak menghabiskan waktu di Amerika semasa kuliahnya.

“Namun rasa penasaran saya akan kota kelahiran saya telah membawanya kembali ke Makassar dan meneliti bahasa Bugis,” ungkap Douglas.

Bahkan tesis yang diangkat oleh Douglas saat menyelesaikan pendidikan S2-nya di University Of North, Dakota tahun lalu mengenai sistem suara dalam berdialeg bugis. Ada dua sistem aktif dan pasif. Sedangkan kata kerja transitif dalam bahasa bugis bisa empat macam seperti mengellika, mellika dan uwelliwi dan iyelliwi (yang diterjemahkan membeli).

Kata kerja transitif yang bisa dibagi empat macam tesebut disebut pasif dan antipasif. Pria yang berasal dari Dallas, Texas sudah menetap selama empat tahun di Sulawesi Selatan. Selain sibuk mengajar kursus bahasa inggris di kabupaten Soppeng yang menjadi tempat memperdalam bahasa bugis, Douglas juga kini sibuk menyusun kamus bahasa bugis.

Menurut pria yang suka mempelajari bahasa ini. Bahasa bugis merupakan bahasa terbesar di Sulawesi bahkan di kawasan timur.

“Saya juga lebih senang berada di Soppeng daripada di Amerika. Untuk segala aktivitas saya di Soppeng saya hanya mengatongi visa kerja saja,” ungkap Douglas.

Douglas berharap bisa mendapat kewarganegaraan Indonesia, tanpa harus menikah dengan orang bugis.

Komentar