Indonesia Juara Umum ASEAN Para Games 2017

82
Menpora, Imam Nahrawi saat mengalungkan bunga kepada salah satu atlit ASEAN Para Games, Safriani Rumbaru yang berhasil memperoleh 2 mendali emas, di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Minggu (24/9/2017) sore. -Foto: Harun Alrosid

SOLO — Prestasi gemilang ditorehkan atlet Indonesia yang mampu menjadi Juara Umum dalam ASEAN Para Games 2017, yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia. Kebanggaan terhadap prestasi yang mengharumkan bangsa ini mendapat apresiasi dari Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora), Imam Nahrawi.

Ratusan atlet ASEAN Para Games Indonesia yang baru turun di Bandara Adi Soemarmo, Solo, langsung disambut Menpora dengan mengalungkan bunga. Sebanyak 247 atlet ASEAN Para Games Indonesia yang baru tiba dari Kuala Lumpur itu, satu persatu disalami oleh Imam Nahrawi, yang didampingi oleh Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (24/9/2017) petang.

Pada kesempatan ini, Menpora mengaku sangat bangga dengan prestasi yang ditorehkan oleh kontingen Indonesia yang bisa mengalahkan Malaysia sebagai tuan rumah. Indonesia, kata Menpora, mampu meraih 126 mendali Emas, 75 perak, dan 50 perunggu dari 11 cabang olah raga yang diikut.

“Sangat bersyukur tentunya. Di tengah keterbatasan mereka, ternyata mampu memberikan nama harum bangsa dan prestis Indonesia diajang ASEAN Para Games,” kata Nahrawi kepada awak media.

Pasukan merah putih di ASEAN Para Games mampu mengungguli Malaysia sebagai tuan rumah yang meraih 90 mendali emas, 85 perak, dan 75 perunggu, berada di urutan kedua setelah Indonesia. Menpora juga memastikan para atlit yang telah berjuang keras untuk Indonesia akan mendapatkan bonus.

“Pasti kita berikan bonus. Besarnya sama, seperti halnya yang sudah diberikan kepada atlet Olympiada maupun Para Olympiade,” terang Nahrawi.

Prestasi membanggakan kontigen Indonesia pada ASEAN Para Games, imbuh Menpora, harus dihormati dan lebih ditingkatkan kembali. Sebab, Juara Umum ini harus menjadi semangat, dan modal penting dalam ASEAN Para Games 2018, yang akan digelar di Jakarta.

“Harus lebih maju lagi, dan harus dihormati lagi. Tentunya untuk menyongsong ASEAN Para Games 2018 di Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu atlet ASEAN Para Games, Safriani Rumbaru, mengaku sangat bangga bisa mengharumkan bangsa Indonesia dengan memperoleh 2 mendali emas sekligus. Atlet cabang olah raga renang itu mampu menaklukkan kontingen Vietnam sebagai pesaing terberatnya.

“Lawan paling berat itu dari Vietnam, tapi aku bisa mengalahkan dia dengan waktu 32 detik,” tambah atlet dari Maluku itu.

Dua mendali emas yang ditorehkan Safriani berasal dari olah raga renang 100 meter gaya bebas serta 50 meter gaya bebas. “Sangat terharu, bisa membawa Indonesia menjadi Juara Umum dalam ASEAN Para Games 2017 di Malaysia,” pungkasnya.

Komentar