Malam 1 Suro, TMII Gelar Kirap Pusaka

141
Manggolo Yudo memimpin Kirap Pusaka TMII, diarak mengeliling area TMII, Jakarta, Rabu (20/9/2017)/Foto: Sri Sugiarti.

JAKARTA —- Merayakan malam 1 Suro 1951 atau Tahun Baru Islam 1439 Hijriah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) mengelar Kenduri dan Kirap Agung di Pondopo Sasana Utama, TMII, Jakarta, Rabu (20/9/2017) malam.

Mengawali acara, doa pun dilantun secara Islam dan Penghayat Kepercayaan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan karunia hidup.

Tari Budaya Manunggal pun ditampilkan. Tari gaya Yogyakarta persembahan Sanggar Surya Kirana ini mengandung filosofi keragamanan dalam kebersamaan untuk menyatukan daya dalam memayu hamuning bewane.

Gerak gemulai yang mengayun indah menyatu dengan alunan gendang mewujudkan kedamaian dan ketentraman di bumi pertiwi.

Kebahagiaan berlanjut dengan pembacaan Kidung Suro sebagai prosesi serah terima kirap pusaka TMII.

Serah terima pusaka TMII oleh Direktur TMII Bambang Soetanto kepada Manggolo Yudo sebagai tanda keberangkatan pasukan Kirap Pusaka TMII.

Manggolo Yudo memimpin Kirap Pusaka TMII, pada Rabu (20/9/2017) malam. Keris pusaka diarak dengan cara berjalan kaki mengelilingi area TMII, dengan gerakan gagah para prajurit berbusana tradisional Jawa warna hijau.

Selain keris pusaka, ratusan tumpeng dan hasil bumi seperti buah-buahan serta sayuran turut diarak dengan kemeriahan tari edan-edanan.

Arak-arak Kirap Pusaka ini diikuti oleh seluruh anjungan daerah yang ada di TMII. Komunitas Penghayat Kepercayaan pun tampil memeriahkan malam 1 Suro ini.

Bahkan gerak pecak silat pun terlihat memukau memeriahkan malam 1 Suro. Tabuhan reog dengan kekhasan tariannya mampu menyulap mata tak berkedip.

Sontak perataran Pondopo Sasana Utama riuh kemeriahan kebahagian, pengunjung TMII pun terhibur dengan makna perayaan 1 Suro atau Tahun Baru Islam yang sarat dengan budaya.

Usai arak-arakan Kirap Pusaka TMII dan tumpeng sebagai simbol ritual. Diakhiri dengan “Ngalap Berkah” yaitu berebut tumpeng dan makan bersama.

Acara makan bersama ini pun berlangsung di Pondopo Sasana Utama. Suasana keakraban sangat nyata terlihat menyatukan perbedaan dalam pelestarian keragaman budaya Indonesia.

Hingga akhirnya, perayaan 1 Suro 1951 atau Tahun Baru Islam 1439 Hijriah di TMII berjalan lancar dengan rangkaian ritual menyejuk hati.

Direktur Utama TMII, Bambang Soetanto menyerahkan Kirap Pusaka TMII kepada Manggolo Yudo/Foto: Sri Sugiarti.
Tari Budoyo Manunggal meriahkan perayaan 1 Suro 1951 atau Tahun Baru Islam 1439 Hijriah di Pondopo Sasana Utama TMII, Jakarta, Rabu (20/9/2017) malam/Foto: Sri Sugiarti.
Ngalap Berkah, prosesi rebutan tumpeng dan makan bersama pada malam perayaan 1 Suro 1951 atau Tahun Baru Islam 1439 Hijriah di Pondopo Sasana Utama TMII, Jakarta, Rabu (20/9/2017) malam/Foto: Sri Sugiarti.

Komentar