Pimpinan KPK Dipastikan Hadiri RDP dengan DPR, Besok

112
Priharsa Nugraha -Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA — Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipastikan akan menghadiri lanjutan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Kepala Bagian Informasi dan Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha, menjelaskan, Ketua dan Wakil Ketua KPK dipastikan hadir dalam RDP bersama Komisi III DPR RI seperti yang dilakukan sebelumnya. KPK sedang menyiapkan berbagai materi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dari seluruh Anggota Komisi III DPR RI, salah satunya terkait mekanisme kerja KPK dalam pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

“Kalau tidak ada perubahan, Selasa besok Ketua KPK dan Wakil Ketua KPK dipastikan akan hadir mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Anggota Komisi III DPR RI. Kita sudah menyiapkan segala sesuatunya yang akan dibahas dalam rapat tersebut”, jelasnya, depan Gedung KPK Jakarta, Senin (25/9/2017) malam.

Menurut Priharsa, RDP tersebut dijadwalkan akan dimulai Selasa siang sekitar pukul 13:00 WIB atau setelah selesainya Rapat Paripurna DPR RI. Pada intinya, Pimpinan KPK siap hadir untuk memenuhi undangan RDP yang dipastikan akan diwarnai perdebatan sengit dan alot antara KPK dan Komisi III DPR RI.

Dalam RDP yang berlangsung besok, agenda utama yang akan dibahas adalah seputar evaluasi kinerja KPK dalam penanganan berbagai kasus korupsi. Salah satu kasus yang menjadi sorotan Komisi III DPR adalah rekaman pengakuan Miryam S. Haryani, mantan Anggota Komisi II DPR RI dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Selain itu, dalam RDP besok juga akan membahas seputar hasil lelang barang-barang hasil korupsi berupa hadiah atau gratifikasi seperti mobil, motor dan barang-barang berharga lainnya yang selama ini disita KPK.

Komentar