Warga Jakarta Timur Nobar “Pengkhianatan G 30 S PKI” di Rindam Jaya

295
Keluarga besar Rindam Jaya saat Nobar film G30S PKI di Gedung Serbaguna NKRI, Rindam Jaya, Condet, Jakarta, Jumat (22/9/2017)./Foto: dok. Rindam Jaya./Sri Sugiarti.

JAKARTA —Resimen Induk Kodam Jaya (Rindam Jaya) menggelar nonton bareng (nobar) pemutaran film “Pengkhianatan G 30 S PKI” di Gedung Serbaguna NKRI, Condet Jakarta Timur, Jumat (22/9) malam.

“Pemutaran film tersebut ditujukan kepada para prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) beserta keluarganya agar keluarga besar Rindam Jaya memahami sejarah kelam bangsa Indonesia pada peristiwa yang terjadi tanggal 30 September 1965,” jelas Dandrindam Jaya Kolonel Inf Anton Yuliantoro, dalam rilisnya, Sabtu (23/9/2017) pagi.

Hal itu, kata Danrindam Jaya, sesuai dengan perintah dan pesan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk Nobar film G 30 S PKI.

Nobar yang dimulai pukul 20:00 WIB itu diperuntukkan untuk seluruh keluarga besar Rindam Jaya, juga mendapatkan perhatian dari masyarakat sekitar Condet yang menyaksikan hingga duduk di luar Gedung Serbaguna NKRI, karena di dalam gedung sudah penuh.

“Selama satu jam pemutaran film ini diperkirakan diikuti lebih dari 1.200 orang, baik prajurit dan keluarga besar Rindam Jaya maupun masyarakat sekitar Condet,” kata Danrindam Jaya.

Seorang warga, Muslimin (41) mengatakan dengan menonton film sejarah tersebut, selain dapat mengenang para pahlawan yang telah gugur, bisa juga menggugah hati masyarakat akan arti pengkhianatan dalam perjalanan bangsa.

“Terdapat kejadian yang sangat mengerikan di negeri ini. Alangkah baiknya diadakan setiap tahun agar anak-anak mengetahui sejarah yang sebenarnya,” ujar Muslimin.

Warga yang ikut Nobar di Rindam Jaya ini mendapat doorprize dari Danrindam Jaya berupa mesin cuci, kulkas, magic com, kompor gas, dan lain-lain.

Sudah dapat pengetahuan tentang sejarah bangsa dari film yang di putar, juga dapat hadiah untuk dibawa pulang.

Komentar