Nunukan Pastikan Gelar Pilkades Serentak 2017

35

NUNUKAN — Pemerintah Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara memastikan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada 2017 meskipun APBD Perubahan 2017 belum disahkan.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD Nunukan Dyah Lestari di Nunukan, Kamis (12/10/2017) mengatakan bahwa Pilkades yang molor dari rencana awal pada 25 September 2017 akibat belum disahkannya APBD perubahan 2017 oleh DPRD setempat.

Menurut dia bahwa anggaran pilkades untuk 13 desa Rp200 juta melalui APBD perubahan sehingga mau tidak mau pelaksanannya ditunda.

Ia memang berharap, pilkades tetap diselenggarakan meskipun APBD perubahan belum disahkan dengan keinginan meminjam dana talangan.

Hanya saja, Dyah Lestari kesulitan mendapatkan dana talangan itu maka dengan terpaksa menunda dulu padahal sejumlah tahapannya telah dialaksanakan oleh panitia masing-masing desa.

Keyakinannya itu, dinilai beralasan karena tidak mungkin anggaran pilkades diutak atik anggota legislator daerah itu walaupun Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dikembalikan kepada pemerintah daerah.

Dyah Lestari juga optimis, pilkades yang sempat ditunda itu tidak akan sampai 2018 karena sejumlah desa tersebut memiliki pejabat semengara dengan tugas yang telah dperpanjang.

“Pilkades serentak tetap dilaksanakan sebelum akhir 2017. Tidak mungkinlah pilkades 2018 nanti karena sejumlah pejabat sementara kades telah diperpanjang masa tugasnya,” sebut dia.[Ant]

Komentar