Cerita Dari Sahabat Edisi Di Balik Duri Landak Laut

Landak laut atau disebut juga bulu babi (Echinoidea) merupakan hewan laut yang berbentuk bundar dan memiliki duri pada kulitnya yang dapat digerakkan.

Indonesia sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia sebenarnya berpotensi besar untuk membudidayakan jenis ini. Jika membandingkan dengan potensi laut Indonesia, maka seharusnya bulu babi tak hanya dijadkan sampah melainkan berkah ekonomi bagi masyarakat kita. Terlebih, laut kita merupakan habitat binatang laut yang lengkap.

Di beberapa negara lain, seperti Mediterania, New Zeland, dan Amerika Utara, bulu babi telah menjadi salah satu komoditas laut yang cukup menjanjikan. Di Jepang, bulu babi populer sebagai pelengkap kuliner sushi juga sashimi.

Binatang ini mengkonsumsi ganggang atau alga untuk bertahan hidup. Karena makanan yang sehat, telur bulu babi tak hanya mengandung protein sehat yang tinggi bahkan mencapai angka 70%, telur bulu babi juga mengandung senyawa lain seperti zat besi, mineral juga asam amino.

Dengan komposisi senyawa yang dikandungnya, bulu babi cukup bergizi untuk di konsumsi. Tak hanya itu, binatang ini juga terbukti mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit misalnya mereduksi kolesterol jahat dalam darah, menurunkan tekanan darah, memperbaiki sistem metabolisme, menambah vitalitas, dan maih banyak lagi lainnya. Sementara itu, tak hanya bagian telur yang berguna. Sebab hampir semua bagian tubuh bulu babi memiliki manfaat. Sebut saja cangkangnya, bagian ini bisa diolah menjadi tepung yang digunakan sebagai paka ternak. Tak hanya itu, bagian cangkang juga bisa dijadikan produk kerajinan berkualitas tinggi. Sementara tu bagian lain seperti usus juga sangat baik diolah menjadi pupuk organik.

Lihat juga...