hut

Miris Jalan Provinsi di Lampung Ini Penuh Kubangan Air

CENDANANEWS, Jalan Provinsi ruas Desa  Tetaan Kecamatan  Penengahan Lampung Selatan menuju  simpang lima Desa Ketapang  Kecamatan Ketapang,Lampung Selatan dibeberapa titik dipenuhi dengan lubang berukuran sangat besar. Selain berlubang beberapa ruas jalan tersebut bahkan kini dipenuhi  oleh air sehingga nyaris sperti kubangan.

Menurut salah seorang warga Desa Karangsari, Kecamatan Ketapang Sarmin (34) warga yang setiap hari melintasi ruas jalan tersebut  untuk bekerja, beberapa  kilometer ruas jalan tersebut memang sudah diperbaiki namun karena hujan beberapa titik sudah rusak. Akibatnya kendaraan yang melintas harus ekstra hati hati menghindari lubang dan juga kubangan yang ada di tengah jalan.

Kalau siang hari tak masalah, namun jika lewat pada malam hari harus ekstra hati hati kuatir terjatuh masuk lubang apalagi di dekat perbatasan Desa Karangsari dan Desa Tetaan yang lubangnya sudah mencapai diameter 3 meter.

Ruas  jalan yang merupakan jalan Provinsi di Lampung tersebut beberapa kali sempat diperbaiki namun akibat dilintasi kendaraan dengan tonase berat dan musim hujan yang menggerus bahu jalan membuat kerusakan semakin parah.

Senada dengan Sarmin, salah seorang warga Desa Ketapang yang memiliki usaha  pengiriman komoditas pertanian bernama joko (40) mengaku kini tak lagi melintasi jalan tersebut sebab sangat membahayakan kendaraan miliknya. Ia mengaku kini lebih memilih melewati  Jalan Lintas Timur untuk menuju Bakauheni untuk mengirimkan komoditas pertanian ke Pulau jawa.

“Jika pemerintah belum sempat melakukan perbaikan atau alangkah baiknya  instansi terkait menguruknya dengan batu agar tak berlubang seperti ini,” ujar Joko.

Joko dan warga lainnya berharap agar di titik jalan yang berpotensi rusak meski sudah diaspal segera dilakukan pengecoran dan dibuat saluran drainase yang bagus sebab saat ini akibat tak ada drainase yang cukup baik membuat air yang berada  di tengah jalan tak mengalir ke pinggir jalan dan menyebabkan kubangan di tengah jalan.

———————————–
Sabtu, 14 Februari 2015
Penulis : Henk Widi
Editor : Sari Puspita Ayu
———————————-
Lihat juga...