Peran Lahan dan Peningkatan Produktivitas dalam Pengembangan Industri Kelapa Sawit di Indonesia

CENDANANEWS, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan Diskusi Kebijakan Publik yang membahas tentang Peran Lahan dan Peningkatan Produktivitas dalam Pengembangan Industri Kelapa Sawit di Indonesia. Diskusi tersebut diadakan di Graha Sawala Gedung AA Maramis II yang antara lain dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Sumber Daya Hayati Kemenko Perekonomian Bambang Adiwinarso, Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Joko Supriyono, serta Ketua Umum Dewan Minyak Sawit Indonesia (DMSI) Derom Bangun. Selain itu, diskusi juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kementerian Pertanian, Kementerian Agraria dan Tata Ruang atau BPN, dan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS).

Dalam diskusi tersebut setiap narasumber memberikan pemaparan sesuai dengan keahlian di bidangnya masing-masing. Sekjen Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) memberikan pandangannya mengenai pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia yaitu :
(a)  Industri sawit yang 100% local content dan berorientasi ekspor harusterus dikembangkan guna menopang perekonomian Indonesia; (b) Investasi di industri sawit berdampak langsung pada penyerapan tenaga kerja, tumbuhnya kebun rakyat, dan pemerataan pembangunan di wilayah pedesaan/daerah terpencil/Indonesia Timur.

Sementara itu, perwakilan dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian menjelaskan mengenai arah pengembangan kelapa sawit yakni dengan mempertimbangkan potensi, peluang, dan kesiapan sub-sistem agribisnis di Indonesia dan melanjutkan pengembangan kelapa sawit baik melalui peningkatan produktivitas maupun perluasan. Selain itu, perwakilan dari Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) mengungkapkan bahwa salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kelapa sawit adalah melalui upaya intensifikasi lahan. 

Adapun Menko Perekonomian menekankan pentingnya forum internal stakeholdersawit guna mendukung peningkatan produktivitas dalam pengembangan industri kelapa sawit di Indonesia. Terakhir, Menko Perekonomian berpesan supaya nantinya forum internal stakeholder dapat melakukan studi yang lebih komprehensif hingga sawit di Indonesia dapat terlaksana secara sustainable.

————————————————–
Rabu, 11 Februari 2015
Sumber : Kemenko Bidang Perekonomian
Editor : Sari Puspita Ayu
————————————————–
Lihat juga...