hut

Ratusan Hektar Sawah di Lampung Selatan Terendam Banjir

CENDANANEWS- Akibat curah hujan tinggi sejak malam hingga siang hari dari Sabtu malam (8/2) hingga Senin (9/2/2015) mengakibatkan debit air di Sungai Katibung tinggi dan meluap serta menghancurkan tanggul penangkis.

Hancurnya tanggul penangkis tersebut mengakibatkan ratusan hektar sawah di Desa Sinarpasemah, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan, terendam banjir.

Kepala Desa Sinarpasemah Puji purwantoro Junaidi mengatakan membuat tanggul penangkis Sungai Katibung sepanjang sekitar 60 meter jebol. Padahal tanggul tersebut baru diperbaiki beberapa bulan.

“Tanggulnya kembali jebol, padahal baru diperbaiki dengan harapan jika hujan bisa menahan air namun curah hujan yang tinggi dan kiriman air dari berbagai daerah mengakibatkan tanggul jebol” kata Puji.

Akibat banjir tersebut, sebanyak 180 hektare lahan pertanian, kata Puji, yang berada terendam air setinggi 3-4 meter. Umur padi milik petani yang terendam tersebut sekitar 45 hari.

“Sawah yang terendam di desa kami saja sekitar 180 hektare,” ungkap Puji.

Ia berharap agar instansi terkait bisa mengirimkan alat berat untuk segera memperbaiki tanggul yang jebol sebab curah hujan masih terus tinggi dan dikuatirkan akan mengakibatkan sawah yang terendam semakin luas.

————————————-
Selasa, 10 Februari 2015
Penulis : Henk Widi
Editor : Sari Puspita Ayu
————————————-
Lihat juga...