hut

Stres Urus Politik, IKAPPI Sarankan Jokowi Sambangi Pasar Tradisional.

CENDANANEWS, Situasi nasional akhir akhir ini tentu banyak menyita perhatian Presiden Joko Widodo. Namun hiruk pikuk politik nasional ini kami harapkan tidak menjadikan bapak Presiden melupakan permasalahan yang dihadapi oleh para pedagang pasar tradisional di Indonesia. dulu saat pencalon, beliau selalu bicara tentang pasar tradisional, dan saat seperti ini menjadi momentum untuk beliau kembali datang ke pasar tradisional, karena di sana ada obat mujarab yang dapat meringankan beban beliau sebagai presiden.
Banyak para pedagang pasar tradisional yang sampai saat ini mengahadapi berbagai dilema dan permasalahan. Seperti korban kebakaran pasar dan relokasi paksa. IKAPPI mendorong agar ada langkah cepat dan efektif agar semua para pedagang pasar yang sampai hari ini belum bisa melakukan aktifitas perdagangan agar segera bisa bangkit. Mereka butuh perlindungan dan kepastian hukum yang jelas agar mendapatkan jaminan untuk berdagang kembali dengan segera.
Seperti para pedagang yang pasarnya direvitalisasi, mereka harus mendapatkan kepastian bahwa mereka berhak untuk berdagang kembali dipasar tersebut tanpa proses yang rumit dan berbelit belit. Atau juga para pedagang korban kebakaran pasar yang juga harus mendapatkan perlindungan baik secara hukum maupun secara ekonomi. Karena para pedagang pasar tradisional adalah bagian yang tidak terpisahkan dari rakyat Indonesia.
Bila pemerintah pusat maupun daerah abai akan realitas ini, pasti akan berakibat pada rusaknya tatanan ekonomi di daerah yang akan turut pula mempengaruhi tatanan ekonomi nasional. Hal ini menjadi penting dan genting karena pedagang pasar tradisional adalah penggerak ekonomi yang tidak boleh dipandang sebelah mata.
DPP IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) menilai, ini adalah waktu yang tepat bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Menteri Perdagangan untuk membuktikan komitmen dan keberpihakannya kepada pedagang pasar tradisional dengan mendorong lahirnya Undang Undang Perlindungan Pasar Tradisional.
Dengan begitu, tinta emas sejarah akan mencatat tebal bahwa pemerintahan Joko Widodo memiliki kepedulian dan keberpihakan terhadap pasar tradisional.
Kami sangat mengerti akan situasi politik nasional yang tengah dihadapi oleh bapak Presiden Joko Widodo saat ini dan pasti menyita banyak perhatian dan tenaga. Untuk itu IKAPPI menyarankan agar pak Presiden dapat menyambangi pasar tradisional. Dengan bertemu masyarakat pedagang pasar tradisional secara langsung, terutama mereka yang pasarnya tengah menghadapi masalah tentu dapat meningkatkan rasa kepercayaan publik kepada Presiden. Terlebih bila Presiden Joko Widodo dapat menunjukan komitmen yang besar untuk memajukan dan melindungi pasar tradisional.
———————————————————
Senin, 2 Februari 2015
Penulis : Miftah – Wasekjend DPP IKAPPI
Editor : Sari Puspita Ayu
——————————————————–
Lihat juga...