hut

Warga Sesalkan Banyaknya, Lampu Jalan Mati di Jalinsum

CENDANANEWS, Beberapa unit lampu jalan yang dipasang beberapa bulan lalu oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung di beberapa titik di Jalan Lintas Sumatera sudah mati. Bahkan lampu jalan yang berada di tikungan dan tanjakan Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni di beberapa titik sudah tak menyala.

Beberapa diantaranya sudah rusak dan terbuka pada bagian alat batere(penyimpan daya tenaga matahari) yang diduga diambil oleh tangan tangan tak bertanggungjawab. Lampu-lampu penerangan tersebut menggunakan tenaga matahari (solar energy) dan menyala secara otomatis pada malam hari, namun disayangkan kurangnya perawatan mengakibatkan beberapa lampu tak menyala lagi.

Padahal lampu tersebut sangat dibutuhkan oleh pengendara kendaraan pada saat hujan. Keluhan tentang matinya lampu jalan di sejumlah titik tersebut diakui oleh seorang pegawai yang bekerja di salah satu kapal di Pelabuhan Bakauheni.

“Setiap saya pulang malam, seharusnya di tikungan Desa Hatta lampu yang dulunya menyala sekarang sudah mati, jalanan menjadi gelap, “ ungkap Sumarno Jumat  (13/2/2015).
Sebagian besar lampu sengaja dipasang pada tikungan, tanjakan, maupun jalur-jalur rawan kecelakaan. Diantaranya yang terbanyak terdapat di Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni karena Jalan di daerah tersebut relatif banyak memiliki tanjakan dan turunan. Namun warga menyayangkan tidak segera diperbaikinya lampu yang sudah tidak menyala di beberapa titik. Keluhan juga disampaikan oleh para sopir truk yang melakukan perjalanan di malam hari.

Pada ruas Jalan Lintas Sumatera menjelang Bakauheni beberapa sopir mengaku sering diikuti oleh orang tertentu dan meminta sejumlah uang untuk pengamanan. Selama ini lampu penerangan sangat dibutuhkan pada jalur-jalur rawan tersebut karena sering terjadi kecelakaan. Terutama pada malam hari jika pengguna jalan tidak mengetahui di jalur tanjakan Buring, Desa Sukabaru, Kecamatan Penengahan banyak jalan bergelombang meskipun sudah ditambal di beberapa bagian.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Lampung Selatan Syukur Kersana saat dikonfirmasi oleh mengungkapkan lampu jalan menjadi tanggung jawab Dishub Provinsi Lampung.

“Kita tak memiliki kewenangan karena itu jalan provinsi dan sudah ada bagian pemeliharaan. Kita mungkin hanya sebatas memberi informasi adanya kerusakan lampu di titik tertentu,” ungkap Syukur.

—————————————-
Jumat, 13 Februari 2015
Penulis : Henk Widi
Editor : Sari Puspita Ayu
—————————————-
Lihat juga...