hut

Warga Temukan Puluhan Kayu Gelondongan Diduga Ilegal Logging

CENDANANEWS, Kapolsek Bengkunat AKP Arsis, mendampingi Kapolres Lambar AKBP Dono Sembodo melalui Kanit Reskrim, Ipda.M.Arif, mengatakan ada laporan warga yang menemukan puluhan kayu gelondongan yang diduga hasil illegal loging dari HPT.
Kini, pihaknya masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah saksi termasuk dari tim ahli dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Pesisir Barat untuk melakukan pengechekan ke lokasi.
“ Puluhan kayu gelondongan itu masih diamankan di polsek, sampai saat ini kita masih melakukan proses pemeriksaan, kita juga menunggu tim ahli dari dinas perkebunan dan kehutanan untuk menentukan jumlah kubikasinya , saat ini kita masih menunggu waktu untuk pengecekan
dilapangan,” ujarnya Jumat (20/2/2015).
Lanjut dia, pengecekan kelapangan dilokasi dimana puluhan kayu gelondongan itu ditemukan untuk memperjelas titik koordinat apakah masuk dalam HPT atau tidak, karena ditempat itu banyak pohon yang sudah ditebang, kemungkinan besar telah terjadi pembalakan.
Tapi menurutnya, belum bisa dipastikan apakah kayu tersebut merupakan hasil ilegal logging. Untuk itu pihaknya terkait masalah penemuan kayu itu masih melakukan proses.
“Kita masih menunggu tim ahli untuk turun kelapangan, kita berharap agar secepatnya dapat dilakukan pengecekan kelapangan sehingga permasalahan itu bisa lebih jelas. Kita juga sedang menyelidiki siapa pelakunya dan pemilik kayu ini, sampai saat ini kita belum mendapatkan titik terang,” ujarnya.
Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Pesisir Barat, Syaifullah  mengaku pihaknya telah menerima informasi dari kepolisian dan UPTD kehutanan  setempat.
“ Tim ahli yang melakukan pengecekan puluhan gelondongan kayu itu sudah ke Polsek untuk melakukan kubikasi, kita juga masih mempersiapkan pengecekan kelokasi mudah-mudahan secepatnya bisa kelokasi,” ujarnya.
————————————
Sabtu, 21 Februari 2015
Penulis : Henk Widi 
Editor : Sari Puspita Ayu
———————————–
Lihat juga...