hut

Air Terjun KEMBANG SOKA Potensi Wisata Baru di perbukitan MENOREH

 

Air Terjun KEMBANG SOKA


CENDANANEWS- Belum banyak yg mengenal air terjun ini. Sebuah konsep lokasi wisata yang masih asri,alami. Jalan yang menanjak merupakan tantangan tersendiri,terlebih bagi yang senang dengan aktifitas yang memacu andrenalin.

Lokasi air terjun ini terletak kurang lebih 30km dari Kota jogja kearah barat, masuk wilayah kabupaten Kulon Progo tepat nya di gunung kelir, Jatimulyo,Girimulyo,Kabupaten Kulon progo.
Rute bisa dari segala arah dengan alat transportasi yang bisa dipilih kendaraan pribadi atau kendaraan roda dua.
Jalan Menuju Curug

Bila para pecinta traveling dari arah utara ( Magelang dan sekitarnya) bisa menggunakan jalur jalan Kalibawang lurus ke Selatan sampai di perempatan lampu merah Kenteng Nanggulan, belok kanan, kurang lebih 3km dari lampu merah tadi,persiapan jalan menanjak tapi mulus tak lebih dr 10km lagi sampai di tempat yg dituju.
Bila wisatawan  dari arah Timur (Sleman,kota Jogja,Klaten,Solo dll) arah kan jalan utama ke jalan Godean, terus saja lurus ke Barat, melewati jembatan Sungai progo (ngapak) sampai ke lampu merah kenteng nanggulan, trus saja ke arah barat. Sama seperti dari jalur sebelumnya.
Bagi wisatawan dari  arah selatan (Bantul dan sekitarnya) jalan yg di pakai patokan adalah jalan Wates lampu Merah ngeplang (Brimob Sentolo).. dari titik ini menuju ke utara kurang lebih 7km,sampai di perempatan lampu merah nanggulan. Dan di lanjutkan arahnya seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Bukit  Menoreh ,bukan  hanya sekedar bukit biasa, banyak nama tempat yang tak asing dalam dunia pewayangan ada di sini seperti nama khayangan, gunung kelir, goa kiskendo, puncak suroloyo, nama ini bukan lah nama yang baru di cetak/di publikasikan. Tapi nama yang telah ada puluhan atau bahkan ratusan tahun yang lalu.

Hal tersebut seperti yg di utarakan  Mochamad Sholikin (33),warga Muntilan Magelang,seorang tokoh pemuda yang sedang menggali sejarah bukit menoreh kepada CENDANANEWS.
Bukit menoreh membentang dari Selatan Kabupaten Kulon Progo sampai ke utara masuk wilayah kabupaten magelang,di mana ada candi Borobudur di kaki bukit nya  sedangkan di lereng sebelah barat sudah masuk wilayah kabupaten Purworejo.
“Saya tertarik untuk mempelajari sejarah yang ada di tempat ini terutama karena beberapa tempat adalah misteri bagi saya” ujar Mochamad Sholicin.
Air terjun Kembang Soka hanyalah salah satu yang baru akan diangkat oleh  pemuda tersebut. Ia mengungkapkan  masih banyak potensi lain yang belum tergarap selain keberadaan Goa Kiskendo yang sudah ada.
“Coba mas  naik nanti di pertengahan jalan saja, saat kita melihat ke timur maka kota jogja kelihatan dengan jelas, terpadu dengan gunung merapi yg berdiri tegak di sisi nya” ujarnya.
Alam Sekitar Curug

Menurutnya itu hanya sebagian kecil dari keindahan yang ada tempat tersebut . Masih banyak lagi yang tak terhingga rasa kagum kita atas ciptaan TUHAN ini.
Para pecinta wisata alam mungkin  tertarik tidak ada salah nya mencoba lokasi wisata baru ini,sekalian sampai di sana, apalagi saat saat seperti sekarang adalah masa panen durian, hemmm nikmat nya,mencicipi durian di atas bukit Menoreh,,maknyuss,,setelah mandi air terjun.

———————————————————–
Rabu, 4 Maret 2015
Jurnalis / Photographer : Muh Nasir/Henk Widi
Editor : Muhsine Piliang
———————————————————-

Lihat juga...