10 Kecamatan Ramaikan O2SN Tingkat Kabupaten Manggarai Barat NTT

Susana pertandingan Bola Volly
CENDANANEWS (Flores) – Para peserta dari sepuluh kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat sejak kemarin, Rabu (27/05/2015), hadir meramaikan perhelatan O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) tingkat Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo, Flores, NTT hingga Sabtu (30/05/2015).
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manggarai Barat, Marten Magol, S.Pd, selaku Penanggung Jawab kegiatan, dalam laporan kegiatannya mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian persiapan menjelang O2SN tingkat provinsi hingga nasional.
“Pelaksanaan O2SN SD-SMP tingkat Kabupaten Manggarai Barat merupakan upaya menjaring siswa-siswi yang memiliki bakat dan prestasi dalam cabang olahraga di mana akan membawa nama Kabupaten Manggarai Barat ke tingkat provinsi sampai tingkat nasional tahun 2015,” terangnya.
O2SN, kata Marten, merupakan suatu wahana bagi para siswa-siswi untuk mengimplementasikan hasil kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kesehatan jasmani dan daya kreativitas.
“1) Mengembangkan bakat dan minat siswa dalam bidang olahraga; 2) Membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat kabupaten, provinisi dan nasional sejak usia dini: 3) Melatih sportivitas, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab: 4) Meningkatkan persatuan dan kesatuan antarsiswa sekabupaten Manggarai Barat,” jelasnya.
“Oleh karena itu dipandang perlu untuk memprogramkan kegiatan O2SN yang diselenggarakan dari sekolah hingga tingkat nasional,” imbuhnya.
Marten berharap, kegiatan O2SN Tingkat Kabupaten Manggarai Barat ini dapat terselenggara dengan baik, efektif dan benar-benar bias terpilih siswa-siswi berprestasi yang bias membawa nama Manggarai Barat ke tingkat provinisi dan nasional.
“Adanya pula peningkatan kondisi kesehatan jasmani siswa sehingga dapat menunjang peningkatan kualitas akademik serta terjalinnya persatuan dan kesatuan antara siswa-siswi SD-SMP se-Kabupaten Manggarai Barat,” tambahnya.
Para peserta yang hadir dalam O2SN tahun 2015 tingkat Kabupaten Manggarai Barat ini merupakan siswa-siswi SD dan SMP hasil seleksi di tingkat kecamatan. Total peserta tingkat SD, kata Marten, sebanyak 310 orang (250 atlet dan 60 pendamping), sedangkan peserta tingkat SMP berjumlah 150 orang (110 atlet dan 40 pendamping).
Para peserta ini merupakan partisipan dalam berbagai cabang olahraga. Ada bola kaki, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, catur dan ateletik untuk tingkat SD. Sedangkan untuk tingkat SMP, hanya mempertandingkan bola voli, catur dan atletik.
Mereka mewakili sepuluh kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai Barat. “Kuwus, Welak, Lembor Selatan, Komodo, Macang Pacar, Ndoso, Mbeliling, Lembor, Sano Nggoang dan Boleng,” sebut Koordinator O2SN tingkat SD, Muhammad Sahakar, satu-per-satu.

——————————————————-
Kamis, 28 Mei 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Fotografer : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...