47 Anggota KNPB ditangkap Polisi saat Berunjuk Rasa di Kota Jayapura

Para pendemo yang di tahan Polres Jayapura Kota
CENDANANEWS (Jayapura) – Empat puluh tujuh anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) diamankan dari beberapa titik di Kota Jayapura oleh aparat kepolisian, puluhan orang ini diamankan saat melakukan aksi mendukung Melanesian Speardhead Group (MSG) yang akan membahas proposal West Papua National Coalition or Liberation (WPNCL) di Perumnas 3 Waena, Expo Waena, Taman Yos Sudarso (Imbi).
Kapolda Papua,
 Irjen Pol Yotje Mende
Kapolda Papua, Irjen Pol Yotje Mende menuturkan kelompok KNPB tidak diberikan ruang gerak, lantaran organisasi tersebut tidak tidak resmi. Sehingga, menurutnya, KNPB tidak diperbolehkan melakukan apapun.
“Kalau sebelumnya KNPB dapat lolos dalam aksi unjuk rasa, karena disaat aksi itu ada sejumlah mahasiswa didalamnya, sehingga kami masih mempertimbangkan unsur situasional dan kepentingan umum, dibandingkan kepentingan sesaat,” kata Yotje, Kamis (28/05/2015).
Sementara itu, Wakapolres Jayapura Kota, Kompol Albertus Andriana mengaku ke-47 orang yang diamankan masih diperiksa tim Reskrim Polres Jayapura Kota. “Kami terus marathon lakukan pemeriksaan, mana koordinatornya, mana yang bukan dan nantinya jika terbukti mereka yang hanya ikut-ikutan dan tidak menjadi koordinator akan di pulangkan,” kata Albertus.
Ke-47 orang ini ditangkap, lanjutnya, karena melanggar pasal 160 KUHP tentang penghasutan melawan pemerintah dan undang-undang, dengan ancaman 6 tahun penjara.  “Aksi unjuk rasa yang dilakukan KNPB juga tak mendapatkan ijin keramaian. Apalagi aksi unjuk rasa adalah mendukung Papua masuk MSG dan lepas dari NKRI. Dalam aksi ini, polisi mengamankan barang bukti sejumlah spanduk dan kaos berganbar bendera Bintang Kejora,” ujarnya.
Massa aksi dari KNPB yang dibubarkan paksa aparat kepolisian di Perumnas 3 Waena, sempat terjadi lemparan batu dari massa kepada polisi. Akibatnya, sejumlah toko dan masyarakat di sekitar Perumnas 3 enggan keluar rumah.
Guna mengamankan aksi tersebut, aparat kepolisian mengerahkan sekitar seratus lebih personil gabungan dari Polres Jayapura, Polda Papua dan Brimob.
——————————————————-
Kamis, 28 Mei 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Fotografer : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...