500 ekor Sapi Siap Berpacu di Pagaruyung Fair 2015

Pacu Jawi (perlombaan sapi di sawah berlumpur)
CENDANANEWS (Tanah Datar) – Pagaruyung Fair tinggal menghitung hari, iven tahunan yang di gelar pada 3 sampai 7 Juni tersebut dimeriahkan dengan berbagai atraksi kebudayaan dan lomba tradisi. Salah satunya pacu jawi (pacu sapi), yang diadakan di Nagari Parambahan, Kecamatan Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar.
Kepala bidang promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Efrison Son yang dihubungi cendananews menyatakan bahwa pihaknya sudah melakukan persiapan yang matang untuk Pagaruyung Fair ini. Apalagi untuk pacu jawi, yang sudah dikenal dan bahkan jadi iven tetap.
“500 ekor jawi (sapi) dari empat kecamatan telah bersiap untuk menyambut iven ini, kecamatan tersebut yakni, Pariangan, Limo Kaum, Rambatan dan Sungai Tarab,” ujarnya pada cendananews Minggu (31/5/2015) pagi.
Ia menyebutkan, pacu jawi akan menjadi helat penutup pada Sabtu (6/6/2015) esok. Dari pagi, jawi-jawi terbaik akan dibawa pemiliknya dari empat kecamatan tersebut. Lalu pacuan akan digelar dari pagi hingga sore harinya.
“Alek pacu jawi ini sangat penting untuk melestarikan budaya dan tradisi masyarakat agar tidak punah serta menyatukan anak nagari dalam meningkatkan sektor pariwisata di Luak Nan Tuo. Selain itu, alek pacu jawi ini mempunyai dampak positif bagi perekonomian dan sosial budaya masyarakat yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat,” lanjut Son.
Selain pacu jawi, kegiatan ini juga dipadukan dengan tradisi masyarakat berupa arak-arakan pembawa dulang dan jawi-jawi terbaik yang didandani ‘suntiang’ dan pakaian layaknya pengantin.
——————————————————-
Minggu, 31 Mei 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : ME. Bijo Dirajo
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...