Alasan Psikologis, Peserta UN SDLB Diizinkan Mengenakan Seragam SMP


CENDANANEWS (Padang) – Lima pelajar SDLB Wacana Asih Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang  melaksanakan Ujian Nasional, Senin (18/5/2015). Memakai seragam SMP (Sekolah Menengah Pertama).

SDLB Wacana Asih merupakan satu dari empat sekolah yang melaksanakan ujian SDLB di Kota Padang. Pelaksanaanya tidak jauh berbeda dengan peserta lain. Mereka diawasi dua pengawas, hanya saja dibandingkan dengan sekolah lainnya jumlah mereka lebih sedikit.
Untuk melancarkan pelaksanaan ujian pengawas yang di datangkan memiliki kemampuan khusus, yakni berkomunikasi dengan siswa menggunakan bahasa isyarat.
Kepala Sekolah Wacana Asih Yulaini mengatakan, lima pelajar tersebut mengikuti ujian hari pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Besok Matematika, dan diakhiri dengan IPA hari Rabu depan.
“Ada lima siswa kami mengikuti UN. Kelimanya merupakan siswa tunarungu,” ujarnya saat ditemui disekolahnya.
Yulaini menambahkan, alasan sekolah membiarkan peserta UN SD mengenakan pakaian SMP karena mengingat psiokologis anak. Sebab melihat dari usianya siswa SD yang mengikuti ujian sekarang seharusnya sudah menginjak usia SMP.
“Pengawas ujian dengan sistim silang, pengawas memberikan penjelasan kepada peserta sesuai kebutuhan peserta,” ujarnya.
Dia menambahkan, pengawas menjelaskan tata tertib ujian dan pengisian abo (Lembar Jawaban) menggunakan bahasa isayarat. Peserta ujian tampak semangat membaca lembar soal dan membulatkan di lembaran jawaban. Setelah ujian selesai, pihak sekolah akan langsung mengantarkan lembar jawaban ke Dinas Pendidikan.
“Kami melaksanakannya sesuai tata tertib, hanya saja ada perbedaan dengan UN secara umum di SD normal. Di sini siswa diberikan penjelasan secara detail dan didampingi oleh pengawas khusus,” pungkasnya.

—————————————————-
Senin, 18 Mei 2015
Jurnalis : Muslim Abdul Rahman
Foto : Muslim Abdul Rahman
Editor : Sari Puspita Ayu
—————————————————-
Lihat juga...