Banyak Pipa Tak Berfungsi, PDAM Klaim Instalasi Urusan Dinas PU Mabar

Kantor PDAM Wae Mbeliling

CENDANANEWS (Labuan Bajo) —  Warga Kelurahan Wae Kelambu di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT, menyayangkan banyaknya pipa air minum yang terpasang sia-sia di tempat mereka. Pasalnya, sudah ada banyak instalasi pipa yang lewat di depan rumah mereka, tetapi persis belum ada yang teraliri air.
“Kalau mau dihitung, sebenarnya sudah banyak pipa di bawah ini, pak. Tapi tidak satu pun yang ada airnya, “ ungkap seorang warga, Jumat (22/05/2015). Kami di sini banyak pakai sumur,” tambahnya.
Hal ini dibenarkan pula oleh Lurah Wae Kelambu, Sipri Paru, S.E. Mengakui tinggal di Desa Batu Cermin, dirinya mengakui, masih banyak warganya yang belum mendapatkan pasokan air bersihdari PDAM.
Direktur PDAM Wae Mbeliling Labuan Bajo, Andrew R. Loak, S.E., juga mengakui, memang banyak pipa yang sudah terpasang dan tidak teraliri air. Akan tetapi, dirinya mengungkapkan, hal ini bukan semata-mata urusan PDAM WaeMbeliling.
“Kami ‘kan hanya bertugas mengelolah air. Pipa yang tidak ada airnya, untuk apa di kelola, ‘kan begitu,” jelasnya.
Pria yang baru setahun memimpin PDAM Wae Mbeliling Labuan Bajo ini mengklaim, urusan instalasi pipa merupakan wewenang Dinas PU (Pekerjaan Umum) Mabar (Manggarai Barat). Pihaknya mengakui, tidak tahu entah berapa besar anggaran yang dikeluarkan oleh Pemda Mabar untuk proyek fisik air minum.
“Untuk pembangunan fisik perpipaan, kita ‘kan punya SKPD teknis. Dalam hal ini adalahDinas PU,” pungkasnya.
—————————————————–
Jumat, 22 Mei 2015
Jurnalis : Fonsi Econg
Foto : Fonsi Econg
Editor : Sari Puspita Ayu
—————————————————-
Lihat juga...