Cegah Penyakit Menular, Masyarakat Diminta Tetap Jaga PHBS

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Eka Junaedi
CENDANANEWS (Mataram) – Mencegah penyakit menular yang banyak terjadi dikala cuaca yang ekstrem serta banyaknya masyarakat yang terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menghimbau masyarakat untuk membersihkan lingkungan dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS).
“Kondisi cuaca yang kadang hujan kadang tidak itulah yang sangat rentan menimbulkan berbagai macam penyakit menular, termasuk juga penyakit Demam berdarah (DBD). Untuk menghindari berbagai macam penyakit tersebut, masyarakat diharapkan senantiasa tetap menjaga pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah secara sembarangan” Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Junaedi di Mataram, Senin (25/5/2015).
Disebutkan, saat curah yang tinggi akan membuat air tergenang di saluran yang tersumbat juga tumpukan sampah yang menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk. Terutama bagi masyarakat yang berada dan tinggal di daerah-daerah kumuh dekat dengan selokan yang dipenuhi sampah.
Dikatakan, memasuki musim kemarau sekarang, masyarakat juga diminta mewaspadai beberapa penyakit menular lain seperti batuk, pilek dan diare, karena penyakit ini memang merupakan beberapa penyakit menular yang biasa timbul pas pergantian musim ditambah lagi dengan suhu dan cuaca yang seringkali berubah-ubah.
“Jangan sampai penyakit menular DBD yang menjangkiti 3.700 pasien dan satu di antaranya meninggal dunia kemarin jangan sampai terulang kembali, untuk kemarau pola penyakit juga berubah-ubah, mudahan tidak lagi terjadi DBD, karena itu selain menjaga pola hidup sehat, masyarakat juga diharapkan menjaga kebersihan lingkunga termasuk Pemberantasan Sarang Nyamuk,”katanya.
Berdasarkan data Dikes Provinsi NTB jumlah pasien yang tejangkiti penyakit menular DBD selama tahun 2015 mencapai 3.700, satu di antara pasien DBD asal Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) meninggal dunia, setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB.
——————————————————-
Senin, 25 Mei 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...