Dekopinda Targetkan 70 Persen Koperasi di Balikpapan Sehat

ketua Dekopinda Balikpapan Bachtiar Rahim
CENDANANEWS (Balikpapan) – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Balikpapan mengingatkan kepada seluruh koperasi di  untuk segera melakukan rapat anggota tahunan – RAT. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sehat atau tidaknya koperasi yang sedang berjalan. Melalui RAT, anggota juga berwenang menetapkan anggaran dasar, kebijaksanaan umum, pemilihan, rencana kerja hingga pembagian sisa hasil usaha (SHU).
Ketua Dekopinda Balikpapan Bachtiar Rahim mengungkapkan dari total 517 unit koperasi yang terdata baru seratusan yang melakukan rapat anggota tahunan. “Jika tidak usahanya akan ditinjau ulang. Apalagi jika 2 tahun berturut-turut tidak menggelar RAT,” katanya Minggu (10/5/2015).
Masih minimnya koperasi yang melaksanakan RAT ini Bachtiar menjelaskan tidak ada kaitannya dengan resesi ekonomi yang terjadi saat ini. “Kalau pun ada koperasi yang gugur yang bergerak di sektor perdagangan karena kalah saing. Sedangkan koperasi simpan pinjam dan pengolahan industri bahan jadi sampai sekarang tetap eksis,” serunya.
Dia menargetkan dari seluruh koperasi yang sedang berjalan minimal 70 persen dapat melakukan RAT.
Kemampuan bertahan di tengah badai menurutnya karena koperasi memiliki keahlian mengelola unit usaha dan anggota. Namun dia tidak menampik kualitas usaha masing-masing koperasi harus ditingkatkan melalui agenda pelatihan. Termasuk dana berbasis bantuan modal.
Ia juga berharap pemerintah mempercepat realisasi pembangunan infrastruktur ditiap daerah guna memulihkan kondisi ekonomi yang sedang lesu. “Karena kegiatan belanja pemerintah penggerak roda ekonomi. Jadi pulih atau tidaknya sekarang tergantung komitmen pemerintah,” pukau Bachtiar.
————————————————-
Minggu, 10 Mei 2015
Jurnalis : Ferry cahyanti
Foto     : Ferry cahyanti
Editor   : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...