Diprediksi Curah Hujan Tinggi, Sumatera Barat Waspada Bencana

Curah Hujan Tinggi [ilustrasi]
CENDANANEWS (Padang) – Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) beberapa hari belakangan selalu didera hujan lebat, beberapa daerah sudah menuai bencana longsor, banjir, angin kencang dan bencana lainnya mengintai.
Dari informasi dan data yang diterima cendananews dari Dishidros (Dinas Hidro-Oseanografi) TNI-AL. Menyatakan bahwa daerah Sumbar hari ini hingga besok cenderung hujan dan angin kencang.
Berikut data yang diperoleh cendananews : Selasa 26 Mei 2015 pukul 07.00 WIB – 27  Mei 2015 pukul 07.00 WIB.
Cuaca umum cenderung berawan, banyak terjadi pada pagi hingga siang hari, Potensi hujan ringan-sedang pada sore hingga malam hari. Untuk pagi hingga siang hari Berawan. Sedangkan siang hingga sore hari Berawan. Cuaca berawan banyak potensi hujan ringan diwilayah Solok, Indarung, Sitinjau, Padang, Sawahlunto, Dahamsraya, Sijunjung, Solok, Pesisir Selatan,Tanah Datar, sebagian Padang Pariaman, Pesisir Selatan dan Solok Selatan.
Sedangkan sore hingga malam hari berawan, dengan potensi hujan ringan-sedang ( bisa disertai angin disebagian tempat ) di Padang, Padang pariaman, kota Pariaman, Sicincin, Lembah Anai, Padang Panjang, Tanah Datar.
Potensi hujan ringan di Agam, Kota Pariaman,Bukittinggi, Payakumbuh, Lima Puluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat
Sementara itu, dini hari hingga pagi pada tanggal 27 Mei 2015. Cuaca masih berawan dengan suhu minimal : 22.5 C suhu dan suhu maksimal  :  30.5 C dengan Kelembaban rata-rata : 75-99 %.
Untuk keadaan angin, lebih  Variabel (berubah – ubah). Dengan  kecepatan rata-rata 05-12 km/jam, kecepatan maksimal bisa mencapai 37km/jam.
Sedangkan untuk informasi cuaca pelabuhan, sebagai berikut : Arah angin, berembus dari tenggara menuju selatan dengan kecepatan :  03-10  knot. Tinggi gelombang laut berkisar antara 0.50 s/d 0.75 meter. Cuaca dilautan cenderung berawan dan tidak ada peringatan gelombang tinggi.
Untuk gelombang pasang air laut,maksimum pasang air laut memiliki ketinggian 0.9 meter akan terjadi antara pukul 11:00 WIB sampai dengan 13:00 WIB. Sedangkan, Surut air laut dengan ketinggian 0.5 meter terjadi pada pukul 17:00 WIB sampai dengan 20:00 WIB.
——————————————————-
Selasa, 26 Mei 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Gani Khair
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...