Disayangkan Pantai jadi Tempat Pembuangan Sampah


CENDANANEWS (Lampung) — Pantai pantai di Kalianda Lampung Selatan Provinsi Lampung tidak kalah keindahannya dengan pantai pantai di tempat lain. Kontur pantai yang datar dan berpasir menjadi lokasi yang bagus untuk berwisata, namun sangat disayangkan beberapa bagian pantai tersebut menjadi tempat pembuatan sampah.
Sampah sampah yang sebagian besar berasal dari daerah di sekitar Kalianda tersebut bahkan berserakan di tepi pantai Ketang Kalianda. Menurut warga Kampung Ketang Kalianda, secara tertulis lokasi tersebut bukan menjadi tempat pembuangan sampah.
“Pernah ada tulisan larangan pembuangan sampah tapi tetap saja masyarakat membuang sampah di sini dan sampahnya rata rata sampah warga,”ungkap Adi, warga Kalianda kepada Cendananews.com Selasa (26/5/2015).
Sampah sampah tersebut bahkan diantaranya sampah yang tidak bisa terurai diantaranya bekas pecahan keramik, pecahan kaca, plastik dan berbagai jenis sampah yang tidak bisa terurai. Warga mengungkapkan beberapa diantaranya bahkan pernah membakar sampah sampah tersebut namun beberapa diantaranya tidak terbakar.
Warga lain Sumadi (34) yang memperhatikan keindahan pantai di Kalianda mengungkapkan menyayangkan masyarakat yang masih membuang sampah di tepi pantai. Selain mengganggu keindahan sampah sampah tersebut juga menjadi sumber dan sarang penyakit.
Timbunan sampah tersebut merusak pemandangan bahkan di tepi jalan masuk ke pantai Ketang Kalianda tersebut. Beberapa sampah berupa potongan kayu tersebut bahkan menghalangi jalan untuk masuk ke kawasan pantai tersebut.
Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Lampung Selatan P Marpaung mengungkapkan sampah yang dibuang tersebut tanpa sepengetahuan dinas terkait. 
“Kalau dinas kebersihan memiliki tempat pembuangan akhir di daerah Way Lubuk tapi masih ada saja masyarakat buang sampah sembarangan di tepi pantai,” ungkap P Marpaung.
Ia berharap agar fasilitas kotak kotak sampah yang disiapkan di tepi tepi jalan bisa dimanfaatkan warga dan bisa diambil oleh petugas kebersihan bukan dibuang sembarangan sebab selain merusak pemandangan juga membahayakan kesehatan.

—————————————————————
Selasa, 26 Mei 2015
Jurnalis : Henk Widi
Foto : Henk Widi
Editor : Sari Puspita Ayu
—————————————————————
Lihat juga...