Dukung Pariwisata, Dokar Gratis Disiagakan di Alun-alun Kota Batu

Dokar Gratis di alun-alun Kota Batu
CENDANANEWS (Kota Batu) – Mendukung pariwisata, beragam cara dilakukan mulai dari menyediakan sarana dan prasarana hingga memberikan fasilitas gratis kepada wisatawan. Hal tersebut juga dilakukan oleh pemerintah Kota Batu, yakni dengan mennyediakan Dokar gratis untuk wisatawan.
Salah satu kusir dokar gratis, Widarto menyebutkan, fasilitas ini melayani para wisatawan yang ingin berkeliling alun-alun Kota Batu. Namun tidak setiap hari wisatawan bisa menikmatinya, karena kendaraan yang ditarik kuda ini hanya ada pada hari Rabu dan Kamis. Waktunya juga di batasi yaitu pukul 09.00-11.00 wib. 
“Di luar hari dan jam tersebut, wisatawan maupun warga tetap bisa menaiki dokar ini tapi dengan di pungut biaya sekitar Rp. 20.000-25.000,- ,”ujarnya.
Terdapat 25 unit dokar yang disediakan untuk melayani wisatawan, namun dari ke 25 unit dokar tersebut sudah di atur jadwal perharinya, sehingga hanya 6 unit dokar yang di sediakan setiap harinya. Untuk dokar gratis, para kusir ini menerima uang isentif sebanyak 1 juta Rupiah per bulan, ujar Widarto.

Dokar, sebagian kalangan menyakini nama dokar berasal dari Bahasa Inggris dog car. Keberadaan dokar sebagai salah satu warisan budaya Jawa memberikan ciri khas tersendiri di tempat-tempat wisata.
Dogcart (atau dog-cart) adalah sebuah kendaraan berkuda ringan yang awalnya didesain untuk kegiatan berburu, dengan sebuah kotak di belakang kursi pengemudi untuk membawa seekor anjing pemburu atau lebih. Kotak tersebut dapat diubah menjadi bangku kedua. 
—————————————————-
Selasa, 19 Mei 2015
Jurnalis    : Agus Nurchaliq
Fotografer : Agus Nurchaliq
Editor      : ME. Bijo Dirajo
—————————————————-
Lihat juga...