Enam Pecatur Sumbar Lolos ke Porwil IX se-Sumatera

ilustrasi pertandingan catur [net]
CENDANANEWS (Padang) – Sumatera Barat (Sumbar) mengutus enam orang atlitnya catur putra dan putri untuk mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) IX se-Sumatera yang akan diadakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada November 2015. 
Enam pecatur yang lolos tersebut adalah, Master Nasional Reza Fajar Nugraha dan Agung AFP asal Kota Bukittinggi. Master Nasional asal Kabupaten Pasaman, Sugianto Tjin. Sedangkan untuk kelas putri ada Chairin Hidayah, pecatur asal Kota Padang, Yasinta Tanzil, asal Kabupaten Sijunjung dan Puspita Sari asal Kabupaten Pesisir Selatan.
Asraf Zawir, Wakil Ketua Persatuan Catur Seluruh Indoensia (Percasi) Provinsi Sumatera Barat, saat dihubungi cendananews menjelaskan, para pecatur tersebut dinyatakan lolos setelah meraih peringkat satu sampai tiga kelas putra dan putri pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) catur “Perang Bintang 2015” yang digelar Pengurus Cabang (Pengcab) Percasi Kota Sawahlunto, yang berakhir pada Minggu (24/5/2015).
“Kejuda kali ini, kami jadikan ajang seleksi bagi para pecatur di seluruh Pengcab, mulai dari pemegang predikat Master Nasional (MN), Master Percasi (MP), serta pecatur berprestasi lainnya. Mereka yang menjadi peraih medali pada beberapa kegiatan pertandingan olahraga catur, baik secara perorangan maupun beregu,” ujar Asraf pada Cendananews, Senin (25/5/2015) pagi.
Asraf menjelaskan, sebanyak 14 kuota sisa bagi para pecatur putra dan putri yang akan dikirim ke Porwil IX nanti, pihaknya akan melakukan pemantauan lebih jauh melalui kejuaraan-kejuaraan catur lainnya, ataupun berdasarkan usulan dari masing-masing pengcab yang tersebar di 19 kabupaten dan kota di provinsi Sumbar.
“Dibutuhkan penilaian yang lebih mendalam oleh pihak Pengurus Percasi Sumbar untuk menentukan masing-masing tujuh pecatur putra dan putri lainnya untuk diutus ke Porwil IX,” lanjut Asraf.
Dari data yang diperoleh cendananews. Pecatur Chairin Hidayah, memperoleh poin yang tinggi di kelas putri. Sementara di kelas putra, perolehan poin pecatur hanya berselisih tipis.
Sebelumnya, sejumlah atlet catur predikat Master Nasional dan Master Percasi, menguji ketepatan strategi dan taktik dengan para pecatur muda berprestasi peraih medali emas Porprov serta atlet Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Sumatera Barat peringkat satu sampai lima.
——————————————————-
Senin, 25 Mei 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...