Festival Siti Nurbaya Kembali Hadirkan Selaju Sampan

Kanal banjir yang akan menjadi lokasi lomba Selaju Sampan
CENDANANEWS (Padang) – Festival Siti Nurbaya yang menjadi agenda rutin Kota Padang kembali dimeriahkan lomba selaju sampan setelah hampir empat tahun terakhir tidak dikutkan. Kegiatan yang mengangkat budaya MinangKabau akan memperlombakan berbagai hal, seperti marandang (Memasak Rendang).
“Empat tahun kebelakang Selaju Sampan tidak dilombkan lagi, sekarang, atas usul dan proposal dari para penggiat, lomba ini kembali digelar, karena animo masyarakat yang tinggi,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Padang, Dian Fakhri, Rabu (20/5/2015).
Menurutnya, iven ini, dulu sangat diminati. Namun karena dengan adanya lomba-lomba serupa, seperti dragon boat, dayung dan lainnya, selaju sampan sempat ditinggalkan. Maka di FSN 2015, Selaju Sampan jadi nomor favorit lagi.
Untuk lomba selaju sampan sendiri, digelar sejak 21-24 Mei. Bertempat di Kanal Banjir, Sungai Batang Arau. Dari data yang dihimpun cendananews, sudah 64 tim terdaftar untuk mengikuti lomba tersebut.
Peraturannya, untuk satu sampan hanya boleh diisi 12 orang dengan berlaga di lintasan sepanjang 400. Selain itu, kemenangan tidak ditentukan dengan mencapai garis finish, tetapi para peserta harus menusuk labu-labu yang telah disediakan.
“Meski menjadi yang pertama mencapai garis finis, namun tidak menusuk labu-labu dengan sempurna. Maka dianggap gagal. Aturan ini, ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat dan membangun suasana,”katanya.
—————————————————-
Rabu, 20 Mei 2015
Jurnalis    : Muslim Abdul Rahmad
Fotografer : Muslim Abdul Rahmad
Editor      : ME. Bijo Dirajo
—————————————————-
Lihat juga...