Fuang Baso, Memimpin Kapal Layar Pinisi Social Annur Menaklukkan Samudra


CENDANANEWS (Liputan Khusus) — Selepas subuh para awak terbangun mulai mengikat erat tali temali. Sunda Kelapa masih terlelap dari tidurnya. Mesin sebagai pengganti  layar  sudah dihidupkan, Kapal Layar Pinisi Social An’nur siap arungi Samudra, dinahkodai oleh Fuang Baso dan 5 orang ABK yang terdiri seorang Krani,  2 orang juru mudi dan kepala mesin beserta oliman.
Laut Jawa terlihat tenang, Pinisi dengan panjang 35 meter bergerak lamban dengan kecepatan 5 knots, membawa 1500 ton berupa semen dan bahan makanan  menuju  Pontianak,  Kalimantan. 
Cuaca yang semula bersahabat berubah mendung, laut terus berguncang, juru mudi dengan sigap memutar kemudi yang terbuat dari kayu jati, Sesekali nahkoda melihat anjungan, memutar jangka mengukur arah agar kapal tak berubah haluan, tak jarang jika salah menentukan arah ombak dan mata angin pinisi karam ditengah lautan.
Empat hari sudah berada di tengah lautan, rasa jenuh mulai menyerang. Posisi berada di Laut Cina selatan, kecepatan 4,5 knot,  189’ lintang selatan, cuaca tak menentu, terkadang angin kencang disertai mendung dan hujan, gelombanng  setinggi 1,8-4 meter, menghantam dek hingga anjungan, kapal terguncang, ’inilah surganya para pelaut’ teriak Daeng Asbudin, sang kepala mesin yang berasal dari Tanah Ara Bulukumba,Sulawesi Selatan, tempat asal pinisi di buat.
Lima hari lamanya berada dilautan lepas hingga sampai ke tujuan. Lautan yang ganas seakan menjadi sahabat dalam perjalanan, puluhan ribu mil dapat dijelajahi hanya dengan sebuah perahu  yang terbuat dari kayu. Kecakapan pembuatan perahu phinisi diperkirakan terjadi sebelum abad ke-8. Hal ini dibuktikan pada relief perahu layar Padddewakang dan Lepa-lepa asal mula Pinisi di Candi Borobudur.
Pinisi, seakan menjadi saksi bisu di tengah maraknya teknologi yang semakin berkembang, namun gerak angin dan gelombang tak menghentikan laju kemudi para pengelana samudra, sebagai Negri Bahari yang menjadi sumbu sejarah dalam pelayaran di Nusantara. 
Rekaman gambar Ekspedisi Kapal Layar Pinisi Social An-nur

——————————————————-
Selasa, 26 Mei 2015
Penulis : Syamsudin Ilyas
Foto : Syamsudin Ilyas
Editor : Sari Puspita Ayu
——————————————————-
Lihat juga...