Hama Tikus Menyerang Lahan Pertanian di Solok Sumbar

Padi Menghijau
CENDANANEWS (Solok) – Para petani di Kecamatan Gunung Talang dan Kubung, Kabupaten Solok. Dalam satu bulan terakhir, diresahkan dengan hama tikus yang semakin menjadi-jadi.
“ Sebelumnya pada tahun 2013 lalu, kami juga pernah diserang hama tikus, tapi tidak separah satu bulan terakhir ini,” ujar Rosi (34) salah satu warga Nagari Talang pada cendananews Jum’at (8/5/2015).
Menurut Rosi, ia mengalami kerugian. Ia hanya bias memanan separoh dari padi yang ada dilahannya. Menurut rosi, jika tidak ada hama tikus yang menyerang ia bias panen padi 80 karung ukuran 50 kg. Namun, sejak tikus menyerang jelang panen bulan ini, ia hanya mendapatkan 38 karung saja.
Tidak hanya Rosi saja yang merugi akibat hama tikus, para petani lainnya juga mengeluh hal yang sama. Malin (48), contohnya sawahnya terancam gagal panen.
“Hampir tidak ada yang bias di panen, kami hanya punya sepiring sawah. Dan hamper semuanya dimakan tikus,” keluh Malin.
Di Kecamatan Kubung lebih parah lagi, mereka mengalami dua kali kerugian. Pada awal bertanam 4 bulan yang lalu, banyak petani yang terkena hama keong. Sehingga padi tidak tumbuh sempurna.
“Awal bertanam, di Kecamatan kami banyak petani yang mengeluhkan keong. Sehingga padi tidak tumbuh sempurna. Nah, sekarang sebeluam jelang panen, hama tikus menggila di lahan kami. Dua kali rugi kami pada musim tanam tahun ini,” ujar salah seorang petani di Kecamatan Kubung, Andes (50). Jum’at siang.
Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok, Iryani. Menurut Iryani, laporan dari para petani sudah ia terima. Dan kerugian akibat hama tikus ini membuat banyak petani yang mengeluh.
“Kerusakan tanaman masyarakat akibat tikus sudah banyak kami terima. Untuk mencegahnya terjadi lagi, kami akan melakukan tanam serentak, dan membersihkan lahan bersama. Karena melalu tanam serentak dan gotong royong pembersihan lahan pertanian akan mengurangi hama tikus pada musim tanam berikutnya” Jelas Iryani.
————————————————-
Jumat, 8 Mei 2015
Jurnalis : Muslim Abdul Rahmad
Foto     : Ferry Cahyanti
Editor   : ME. Bijo Dirajo
————————————————-
Lihat juga...