Hingga Mei 2015 BNNK Balikpapan Rehabilitasi 104 Orang

Kantor BNN Kota Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Hingga bulan Mei tahun 2015 ini ada 104 orang penderita ketergantungan narkoba yang rawat jalan maupun rawat inap. “Ada 29 orang ditambah 75 orang  jadi ada 104 orang yang sudah direhabilitasi  baik melalui rawat jalan maupun inap. Rawat jalan itu ada di klinik butter fly, klinik BNNK, RSKD, RS Bayangkara, RS Tentara,” terang Kepala BNNK Balikpapan Ketut Rasna.
Ketut menjelaskan yang mengikuti program rehabilitasi rawat inap dilakukan di SPN Balikpapan sebanyak 40 orang. “Ada juga yang dikirim ke Tanah Merah jadi jumlah rawat inap 44 orang yang direhabilitasi BNNK Balikpapan,” sebutnya Sabtu (16/5/2015).
Sedangkan yang menjalani rawat jalan mereka dilayani di rumah sakit Kanudjoso Daerah, Pertamina, RS Tentara.
Menurut Ketut, kota Balikpapan sebagai pintu gerbang tentu menjadi akses mudah masuknya barang –barang  narkoba. Kerawanan peredaran di Balikpapan sangat besar apalagi dilihat kasusnya di Kaltim. “Akses ini pasti menimbulkan ekses negatif juga apalagi posisinya berada di pintu masuk,” katanya.
Sementara itu, berdasarkan hasil penelitian prevalensi pengguna narkoba di Kalimantan Timur oleh BNN dengan lembaga pusat penelitian kesehatan UI tahun 2014 Kaltim alami penurunan dari 3,1 persen menjadi 3,07 persen dari jumlah penduduk.
Dia menjelaskan dari hasil penelitian 2011 lalu prevalensi sebesar 3,1 persen atau urutan ketiga, sedangkan urutan dua masih ditempat Riau dengan prevalensi 4 persen dan urutan pertama DKI Jakarta 7 persen.
“Hasil di Kaltim ini tunjukan program P4GN meningkat masyarakat mulai peduli sehingga menekan tingkat prevalensi pengguna narkoba. Kita harapan makin menurun prevalensinya,”tutup Ketut. 
———————————————————- 
Sabtu, 16 Mei 2015
Jurnalis      : Ferry Cahyanti
Fotografer : Ferry Cahyanti
Editor        : ME. Bijo Dirajo
———————————————————-
Lihat juga...