Jalan Alternatif Sumbar-Riau Tertimbun Material Longsor

Jalan yang tertimbun material longsor [ilustrasi – net]
CENDANANEWS (Padang) – Jalan alternatif yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dengan Provinsi Riau putus akibat timbunan material longsor yang terjadi Minggu (24/5/2015) malam.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Limapuluh Kota, menyatakan bahwa hingga kini pihaknya masih terkendala dalam melakukan proses pembersihan material longsor yang menimbun badan jalan.
Ia menjelaskan, hingga Senin sore alat berat belum juga datang ke lokasi kejadian. Sehingga proses pembersihan material masih terkendala.
“Alat berat masih belum didatangkan ke Lokasi, kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas PU. Semoga hari ini alat beratnya datang ,” ujar Kepala BPBD Limapuluh Kota Nasrianto saat dihubungi via telepon Selasa (26/5/2015) pagi. 
   
Material longsor yang menimbun jalan itu didominasi oleh unggukan tanah, kayu, dan batu-batuan dari bukit diatas jalan. Jika alat berat belum juga didatangkan ia berasumsi proses pembersihan akan berjalan hingga seminggu kedepan.
Nasrianto menyatakan bahwa pihak BPBD sudah menghubungi  Dinas Sosial untuk mencarikan solusi bagi masyarakat yang rumahnya rusak akibat longsor tersebut. 
Dari data yang diperoleh cendananews, bencana tanah longsor yang melanda Kabupaten Limapuluh Kota Minggu malam itu tidak memakan korban jiwa. Namun mengakibatkan 17 warga  dari lima kepala keluarga diungsikan karena rumah mereka hancur dihantam material longsor.
Kejadian longsor yang menghancurkan rumah warga tersebut terjadi di Jorong Bulu Kasok Nagari Sarilamak Kecamatan Harau. Selain rumah warga, dua jembatan juga ambruk dan tidak bisa dilewati.
——————————————————-
Selasa, 26 Mei 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...