Jelang Kejurnas, Atlet Silat se-Maluku Ikut Even Piala Kapolda

Pencak Silat
CENDANANEWS (Ambon) – Sebelum berangkat mengikuti even Pra Pon maupun Kejuaran Nasional (Kejurnas), Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Maluku, menggelar turnamen guna memperebutkan piala Kapolda Maluku tahun 2015.
Ketua Pengprov IPSI Maluku Darul Kutni Tuhepaly yang diwawancarai CENDANANEWS di Ambon Minggu (31/5/2015) mengatakan, turnamen memperebutkan piala Kapolda Maluku itu akan digelar Senin (1/6/2015), di Kafeleri Kodam XVI Pattimura Ambon.
Ketua Pengprov IPSI Maluku Darul Kutni Tuhepaly
Kutni menerangkan, peserta yang akan mengikuti even ini masing-masing para atlet dari 11 Kabupaten/kota termasuk 12 perguruan silat di Provinsi Maluku. Peserta yang akan mengikuti even piala Kapolda Maluku itu bermain pada tanding dan seni.
Menurut Kutni, even tersebut bukan hanya memperebutkan piala Kapolda Maluku semata, namun niat Pengprov IPSI Maluku menggelarnya, sekaligus untuk mengevaluasi para atlet silat asal Maluku guna mendapatkan atlet terbaik.
“Ajang piala Kapolda Maluku ini sebagai evaluasi seluruh atlet silat, agar kita peroleh atlet terbaik, yang nantinya bisa direkrut untuk mengikuti Pra PON di Gorontalo tahun ini termasuk Kejuaran Nasional,” jelasnya.
Selain itu, lanjut Kutni, ajang perebutan piala Kapolda Maluku ini juga dijadikan oleh Pengprov IPSI Maluku untuk mengevaluasi para atlet yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) tahun 2014 kemarin.
“Jadi kita ingin evaluasi lagi para atlet. Dari even seperti piala Kapolda Maluku inilah, akan lahir para atlet silat terbaik untuk mewakili Maluku di even Pra PON, PON maupun Kejuaran Nasional,” paparnya.
Dia berharap, agar peserta yang akan berlomba memperebutkan piala Kapolda Maluku kali ini, bertanding secara sportif.
“Pengprov IPSI Maluku menginginkan dari even seperti ini bisa lahir para atlet berkualitas dan professional. Untuk meraih prestasi demikian, sprortivitas patut diutamakan,” tandasnya.
Ditambahkan pula, kedepan kalau even ini berjalan sukses maka Pengprov IPSI Maluku akan terus menggelar even yang sama guna mencari para atlet yang berbakat, serta memiliki kualitas terbaik sehingga dapat menorehkan prestasi, bukan hanya skala lokal namun juga nasional maupun internasional.
“Selamat bertanding dan tetap mengedepankan sportifitas,” pungkasnya.
——————————————————-
Minggu, 31 Mei 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Fotografer : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...