Jelang Ramadan Harga di Pasar Balikpapan Merangkak Naik

Pasar Tradisional di Balikpapan
CENDANANEWS (Balikpapan) – Jelang Ramadan, harga Cabe di sejumlah pasar tradisional Balikpapan mulai merangkak naik yang kini menyentuh Rp40 ribu per Kg dari sebelumnya Rp35 ribu per Kg. 
“Biasa mau Ramadan harga harga mulai naik. Sekarang yang udah naik harga cabe Rp40 ribu, naiknya udah ada dua hari ini,” kata Pedagang di Pasar tradisional Balikpapan, Selasa (26/5/2015).
Menurutnya, harga yang mulai menanjak juga ada komoditas lainnya seperti bawang merah beberapa pekan terakhir. Sebelumnya harga bawang merah Rp35 ribu per Kg, sekarang sudah Rp40 ribu per Kg. 
Tidak hanya cabe rawit dan Bawang merah yang mulai menanjak naik. Sayuran sekarang juga sudah naik. Misalnya sawi daging yang naik menjadi Rp25 ribu per Kg dari sebelumnya Rp15 ribu per Kg dan sawi biasa juga naik menjadi Rp8 ribu per ikat dari sebelumnya Rp5 ribu per ikat. 
“Cuaca panas yang terus menerus melanda Kota Balikpapan menjadi pemicu naiknya harga sayuran. Kekeringan kan jadi banyak gagal panen,” sahut La Asa pedagang sayur.
Meskipun harga naik, volume permintaan tetap tinggi. Hal ini diakui Pedagang lainnya. Misal ikan Terakulu dari sebelumnya 40 ribu perKg menjadi Rp60 ribu per Kg. 
“Jenis ikan lainnya juga mengalami kenaikan karena sekarang lagi angin kencang makanya banyak nelayan yang tidak melaut. Cuaca memang seperti itu menjelang Ramadan,” ungkap Bahar pedagang ikan.
Dikesempatan yang sama seorang warga Balikpapan – Galuh juga mengeluhkan harga harga kebutuhan makanan yang mulai naik. “Padahal Ramadan masih kurang 3 minggu lagi, tapi harga sayuran, cabe, dan bawang merah sudah naik,” keluhnya. 
Dia menambahkan seharusnya jelang Ramadan harga harga mestinya stabil agar pengeluaran tetap stabil. “Kalau harga naik, pengeluaran ya juga naik. Pemerintah mesti perhatikan masyarakat kecil ya,” tandasnya. 

——————————————————-
Selasa, 26 Mei 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Fotografer : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...