Jelang Ramadhan BPBD NTB Droping Air Bersih ke Daerah Kekeringan

Mobil bantuan tanggap darurat bencana yang diberikan BNPB kepada BPBD NTB, nampak terparkir
CENDANANEWS (Mataram) – Mengantisipasi kekurangan air bersih selama bulan puasa Ramadhan dibeberapa lokasi yang kerap dilanda kekeringan, Badan Penanggulanganan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat (NTB) siap melakukan droping air bersih. Hal tersebut dikatakan Kepala BPBD NTB, Magma Wenda di Mataram, Sabtu (23/5/2015).
Disebutkan, pihaknya telah melakukan kordinasi dengan seluruh BPBD Kabupaten Kota serta melakukan kajian dan mengidentifikasi daerah yang selama ini menjadi langganan kekeringan setiap memasuki musim kemarau.
“Tim yang kami bentuk sudah mulai bekerja mengidentifikasi titik-titik di Kabupaten Kota yang kerap dilanda kekeringan termasuk melakukan kordinasi dengan dinas Sosial, tapi memang biasanya yang sering dilanda kekeringan adalah Kabupaten Sumbawa Barat, daerah bagian timur Kabupaten Bima dan daerah bagian selatan pulau Lombok,”ungkapnya. 
Meski demikian kemarau sekarang memang berbeda dengan tahun sebelumnya yang secara terus-terusan dan jarang sekali hujan, sekarang meski sudah masuk musim kemarau hujan masih ada dua sampai tiga kali dalam satu bulan terakhir.
Hal tersebut bisa dilihat saat terjadi banjir di Kabupaten Lombok Barat dan Kota Kemarin, hujan tiba-tiba turun sangat lebat disetai angin kencang dan hanya dalam waktu dua jam sudah mengakibatkan terjadinya banjir.
“Langkah antisipatif terhadap segala kemungkinan, termasuk kekeringan dan kekurangan air bersih di seluruh Kabupaten Kota terus kita lakukan, termasuk juga dengan berkordinasi dengan Badan Meteologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengetahui perkembangan cuaca di NTB,”katanya.
——————————————————-
Sabtu, 23 Mei 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Fotografer : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...