Jelang Ramadhan Harga Bawang Merah di Malang Naik

Pasar Tradisional
CENDANANEWS (Malang) – Menjelang bulan puasa, harga kebutuhan pokok di Kota Malang mengalami kenaikan. Seperti yang disampaikan Subaedi kepala Pasar Induk Gadang yang Cendana News temui di kantornya, Jumat (29/5/2015).
Menurut Subaedi, menjelang event-event atau hari besar seperti bulan puasa yang akan segera datang ini, harga-harga kebutuhan pokok selalu mengalami kenaikan harga. Seperti harga telor, minyak goreng, gula, bawang putih dan juga bawang merah serta bahan kebutuhan pokok lainnya.
Harga beberapa kebutuhan pokok selama sepekan ini sudah menunjukkan peningkatan, meskipun kenaikannya tidak terlalu signifikan hanya berkisar antara seribu hingga tiga ribu rupiah, ujarnya. Kenaikan harga ini bisa disebabkan keterbatasan barang atau bisa juga karena keterlambatan pengiriman barang, imbuhnya.
Ditemui terpisah, Sulami salah satu pedagang di pasar Induk Gadang mengaku bahwa kenaikan paling signifikan terjadi pada komoditas Bawang merah. Harga bawang merah yang semula hanya Rp. 20.000,- per Kg namun sejak sepekan ini sudah mengalami kenaikan menjadi Rp. 28.000,- per Kg untuk bawang merah biasa dan Rp. 30.000,- per Kg untuk kuwalitas super.
Kenaikan harga bawang merah ini menurut Sulami disebabkan karena bawang merah Import tidak lagi bisa masuk ke Indonesia sehingga harga bawang merah lokal bisa melonjak.
“Biasanya kalau bawang merah Import bisa masuk, harga bawang merah lokal tidak terlalu tinggi”, ujarnya.
Sedangkan harga bawang putih juga mengalami peningkatan, yang semula harganya Rp.12.000,- per Kg, kini menjadi Ro.15.000,- per Kg, terangnya.
Sulami mengaku untuk bawang merah biasanya dia mengambil dari Probolinggo, Nganjuk dan Brebes. Sedangkan untuk bawang putih dia mengambil dari Kota Batu.
——————————————————-
Jumat, 29 Mei 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...