Jelang Ramadhan Lampu Jalan Jalinsum Diperbaiki

Perbaikan Lampu Jalan
CENDANANEWS(Lampung) – Dekatnya bulan Ramadhan sebagian besar lampu jalan di beberapa titik Jalan Lintas sumatera (Jalinsum) mulai diperbaiki. Lampu jalan yang dinyalakan pada malam hari dengan tenaga surya (solar cell) tersebut sebagian besar mati akibat rusaknya instalasi kabel dan accu yang hilang.
Berdasarkan penjelasan petugas Kementerian Perhubungan Bagian pemeliharaan, Maman (40) kepada Cendananews.com pada tahap awal ia dan beberapa petugas melakukan pengecekan secara manual, selanjutnya akan dilakukan proses penggantian yang akan diusulkan ke instansi Dinas Perhubungan Provinsi Lampung.
Maman mengungkapkan dia dan timnya tengah melakukan pemeriksaan setiap unit box lampu jalan tenaga surya dari mulai Bakauheni hingga Bandarlampung. Sebagian besar lampu jalan tersebyt bahkan terbuka pada bagian boxnya akibat sudah rusak dan dicuri orang tak bertanggungjawab.
Dia mengungkapkan, hingga hari ini ia sudah puluhan lampu jalan yang dicek untuk diperbaiki. Rusaknya lampu jalan tersebut, kata dia, rata rata akibat accu penyimpan energi listrik tenaga surya hilang dicuri. 
“Kami mengecek dan rata-rata box penyimpan accu sudah terbuka akibat dicuri orang tak bertanggungjawab, padahal accu ini menjadi penyimpan daya menyalakan lampu jalan ini,” ungkap Maman kepada Cendananews.com Rabu (27/5/2015).
Pengecekan kerusakan jalan yang selanjutnya akan diperbaiki tersebut berdasarkan penomoran yang sudah diterakan di box penyimpan baterai tenaga surya. Selama ini penomoran dimaksudkan untuk memudahkan pengecekan lampu jalan yang tidak menyala, namun kenyataannya lampu jalan yang mati tersebut sudah lama tak kunjung diperbaiki meski sudah dilaporkan oleh masyarakat.
Sementara itu Kepala Satuan Lalulintas Polres Lampung Selatan AKP Mubiarto mengungkapkan selama ini diakuinya beberapa lampu jalan di Jalan Nasional Lintas Sumatera banyak yang sudah tak menyala. Tidak menyalanya lampu jalan di beberapa titik tersebut ditengarai memicu kejahatan di jalan dengan adanya pemalakan terhadap para sopir kendaraan truk.
Karenanya, ungkap Mubiarto, anggota polisi lalu lintas bekerjasama melalui Polsek Penengahan rajin melakukan patroli. Patroli dilakukan untuk menekan angka kejahatan serta menghindari pencurian baterai lampu jalan.
“Untuk upaya preventif kami akan terus lakukan patroli, sementara untuk kerusakan lampu jalan kami hanya akan memberi rekomendasi dan laporan ke instansi terkait agar cepat diperbaiki,” ungkap AKP Mubiarto.
Menurutnya, pencurian baterai atau accu pada lampu jalan tersebut rata-rata saat kondisi jalan sepi hingga pelaku pencurian tak bisa ditangkap.’ Ia berharap agar lampu jalan di ruas jalinsum segera diperbaiki instansi terkait, minimal sebelum Ramadan. Perbaikan lampu jalan sebelum Ramadhan diharapkan untuk membantu masyarakat yang akan menunaikan ibadah di masjid masjid yang akses jalannya menggunakan Jalan Lintas Sumatera.
Sebab lampu jalan tersebut akan sangat penting saat arus mudik lebaran tahun ini. Puluhan lampu jalan yang ada di kanan dan kiri bahu jalan jalinsum tersebut sebagian besar mati sehingga saat malam hari ruas jalan di beberapa titik gelap gulita dan membahayakan pengguna jalan. 
Selain menjadi penyebab tindak kejahatan, lampu jalan yang tak menyala pada malam hari mengakibatkan pengendara kerap mengalami kecelakaan pada ruas jalan yang berlubang dan mengganggu keselamatan pengendara lalu lintas.
——————————————————-
Rabu, 27 Mei 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Fotografer : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
——————————————————-
Lihat juga...